BI Sumbar Adakan Sosialisasi Tanamkan Cinta Rupiah

PADANG, HARIANHALUAN.ID – Bank Indonesia (BI) Sumatra Barat (Sumbar) mengadakan sosialisasi penanaman cinta kepada rupiah pada acara sarasehan nagari yang diselenggarakan di audit Bank Indonesia, Selasa (12/12/2023).

Rupiah merupakan mata uang resmi yang berlaku di Negara Republik Indonesia. Rupiah secara resmi menjadi mata uang negara Indonesia pada tahun 1949. Mata uang rupiah dicetak dan diatur langsung oleh Bank Indonesia (BI). Rupiah sangat berperan penting kedudukannya pada perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, selaku masyarakat seharusnya menunjukkan sikap bangga, cinta dan paham akan adanya rupiah di Negara Indonesia.

Pemateri dari BI, Akbar Cipto mengatakan, untuk menumbuhkan rasa bangga, cinta terhadap rupiah, tentunya selaku masyarakat mengenal karakteristik dan ciri-ciri rupiah yang beredar. Selain itu, rasa cinta dan bangga terhadap rupiah juga dapat ditunjukkan dengan sikap merawat dan menjaga uang rupiah. Oleh karena itu, ia mengajak agar tidak merusak rupiah seperti mencoret, merobek dan membasahi dengan sengaja, sehingga rupiah rusak dan sulit untuk dikenali.

“Kita masih menemukan beberapa masyarakat rupiah yang diremuk dan tidak dirawat, meskipun tidak semua masyarakat yang melakukan hal itu, seharusnya kita lebih menjaga rupiah sesuai dengan fungsi dan tujuan edarnya,” ujarnya.

Akbar Cipto menjelaskan tentang ciri-ciri perbedaan antara uang asli dengan uang palsu, yaitu dengan metode penerawangan, cetak intaglio dan dapat dilihat dari unsur warna yang ada pada benang pengaman.

“Jika diterawang akan terlihat tokoh pahlawan, pada cetak intaglio akan terasa kasar pada angkanya, dari ciri-ciri itu kita bisa membedakan antara uang asli dan palsu,” ujarnya.

Lebih lanjut Akbar cipto mengatakan, pada cetakan uang rupiah terbaru emisi tahun 2022, uang rupiah mendapat penghargaan internasional sebagai seri uang kertas terbaik di dunia yang digelar di Meksiko 16 Mei lalu.

“Bukan kita saja yang bangga terhadap rupiah, orang-orang negara lain juga mengakui mata uang terbaik untuk kita patut bangga. Kemudian dari segi pengamanan uang rupiah tidak kalah dengan mata uang lainnya,” ujarnya. (*)

Exit mobile version