Antisipasi Jelang Nataru, Kantor SAR Padang Gelar Apel

PADANG, HARIANHALUAN.ID – Mengantisipasi keramaian jelang perayaan hari Natal dan Tahun baru (Nataru) 2023/2024, Kantor SAR Padang menggelar apel siaga SAR khusus di halaman Kantor SAR setempat, Senin (18/12/2022). 

Kepala Kantor SAR Padang, Abdul Malik bertindak selaku pemimpin apel. Dalam sambutannya, Abdul Malik menekankan bahwa untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang akan melaksanakan Natal 2023 dan tahun baru 2024, agar meningkatkan kesiapsiagaan, mengantisipasi adanya lonjakan penumpang arus mudik dan di tempat-tempat wisata, seperti wisata pulau, wisata alam dan pantai.

“Hal ini menjadi perhatian mengingat cuaca ekstrem yang sedang melanda Sumatra Barat,” katanya.

Pada kesempatan ini, Abdul Malik juga memberikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh personel yang terlibat dalam operasi SAR erupsi Gunung Marapi tanggal 3 sampai 7 Desember 2023 lalu.

Untuk menunjang kelancaran dalam siaga tersebut, Kantor SAR Padang menyiagakan beberapa alat utama (alut) SAR, seperti rescue carrier, rescue car, rescue truck, truk personel, motor trail, beach patrol, Rigid Inflatable Boat (RIB), peralatan medis, peralatan selam, peralatan ekstrikasi dan peralatan urban SAR.

“Selain itu, sebanyak 85 personel disiagakan di Kantor SAR Padang, Pos SAR Lima Puluh Kota, Pos SAR Pasaman, unit Siaga SAR Solok Selatan, unit Siaga SAR Pesisir Selatan, dan KN SAR Yudhistira 227,” ujarnya.

Pelaksanaan Siaga SAR Khusus Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 akan dilaksanakan selama 14 hari, yaitu pada tanggal 18 Desember 2023 sampai dengan 7 Januari 2024. (*)

Exit mobile version