Puluhan Pondok Wisata Pantai Pasir Jambak Rusak, Ini Penyebabnya!

Abrasi

PADANG, HARIANHALUAN.ID – Pantai Pasir Jambak yang berada di Kelurahan Pasia nan Tigo, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, mengalami abrasi sejak beberapa hari terakhir.

“Abrasi tersebut mengakibatkan 14 batang pohon cemara air yang berada di pantai tumbang,” ujar Kepala Pelaksana BPBD, Hendri Zuliviton, Kamis (11/1/2024).

Selain menumbangkan pohon cemara air, Hendri Zulviton mengatakan, abrasi tersebut mengakibatkan bibir pantai tergerus sepanjang 150 meter dan merusak pondok wisata milik warga.

“Puluhan pondok wisata di sekitar pantai rusak dan hampir roboh diterjang abrasi karena jarak hempasan ombak yang sudah dekat,” ujarnya.

Hendri menambahkan, abrasi yang terjadi beberapa hari terakhir akibat hujan lebat dan pasang naik air laut di kawasan pantai tersebut. “Sampai saat ini, air laut belum sampai ke rumah warga, tapi kalau dibiarkan lebih lama, air laut akan menghantam rumah dan pemukiman,” ujarnya.

Hendri Zulviton mengimbau kepada warga yang rumahnya dan pondok berada di sekitar kawasan bibir pantai agar selalu waspada. “Kalau air laut makin membesar, diharapkan warga yang berada di kawasan tersebut untuk mengungsi sementara,” ujarnya. (*)

Exit mobile version