Pariaman Siapkan 100 Pemuda Bekerja ke Korsel

Pemko pariaman

Wali Kota Pariaman, Genius Umar mengunjungi lembaga pelatihan untuk mempersiapkan tenaga kerja yang akan dikirim ke Korea Selatan. IST

HARIANHALUAN.ID – Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman sedang mempersiapkan 100 pemuda Pariaman untuk bekerja ke Korea Selatan (Korsel). Untuk itu, para tenaga kerja yang akan dikirim ini harus dilatih terlebih dahulu.

“Kita mendapatkan peluang untuk mengirim 100 tenaga kerja skil ke Korea Selatan, khususnya pada pekerjaan welding (pengelasan) di galangan kapal terbesar di negara itu, yaitu HD Hyundai’s Heavy Industry Group. Untuk itu, kita harus menyiapkan mereka terlebih dahulu dengan memberikan mereka pelatihan yang mumpuni,” kata Wali Kota Pariaman, Genius Umar di Pariaman, Senin (3/4/2023).

Genius menyebutkan, kunjungannya ke Korea Selatan salah satunya adalah untuk melakukan kerja sama bagi pemuda Kota Pariaman, yang akan diperkerjakan di industri pembuatan kapal di Korea Selatan. Hal ini merupakan kesempatan dan peluang bagi pemuda, untuk menikmati bekerja di Negeri Ginseng tersebut.

Genius bersama rombongan Pemko Pariaman meninjau dan kerja sama dengan lembaga pelatihan yang bersertifikasi internasional, yaitu LPK OTI Batam, yang telah mendapat lesensi dari Kemenaker (Kementerian Tenaga Kerja) dan BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi), dan lembaga ini telah mengirim ribuan tenaga kerja skill ke seluruh dunia.

Lebih lanjut Genius mengatakan, pemuda Pariaman ini akan dilatih selama 16 hari di LPK OTI Batam. Kemudian mereka akan mendapatkan serifikat industri internasioanal dan selanjutnya akan dikirim ke Korea Selatan, setelah melewati beberapa proses seleksi yang dilakukan.

“Dalam waktu dekat, kita akan segera menyiapkan gelombang pertama sebanyak 40 anak muda Kota Pariaman, untuk ikut pelatihan yang mempunyai komitmen serius mengikuti kegiatan pelatihan ini dan serius, serta bersemangat untuk bekerja di Korea Selatan,” katanya.

Genius juga menuturkan, bahwa di Tahun ini, akan memberangkatkan tenaga kerja ke Korea ini pada Mei, dimana di tempat kerja di Korea nanti mempunyai fasilitas yang baik dan mempunyai gaji berkisar 30-40 juta rupiah perbulan. Dengan begitu, nantinya kerja sama ini akan mengurangi pangangguran dan meningkatkan ekonomi masyarakat Kota Pariaman.

Turut ikut dalam rombongan Prof Kim So III dari Korea Selatan, Kepala Bappeda Kota Pariaman, Hendri, jajaran DPMPTSP dan Naker (Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja) dan disambut langsung oleh LPK OTI Batam, Eko Budianto beserta jajarannya. (*)

Exit mobile version