Pemko Pariaman akan Pasang CCTV di Seluruh Desa 

Wali Kota Pariaman Genius Umar, Sekdako Yota Balad dan Kapolres Pariaman AKBP Abdul Aziz saat jadi pemateri dalam kegiatan sosialisasi di Kota Pariaman, Selasa (30/5) lalu. IST

PARIAMAN, HARIANHALUAN.ID – Pemerintah Kota Pariaman tengah menggagas pemasang kamera pengintai  atau CCTV seluruh desa dan kelurahan dalam upaya meningkatkan pengawasan keamanan.

Wali Kota Pariaman Genius Umar mengatakan kamera CCTV tersebut nantinya juga akan terhubung dengan Diskominfo dan Polres Pariaman, sehingga memudahkan untuk mengetahui atau memantau semua gerak gerik di kelurahan dan desa yang ada di Kota Pariaman ini.

“Upaya itu saya harapkan, pihak terkait bisa mengetahui atau memantau gerak gerik  setiap orang, kendaraan, dan tindak pelanggaran yang terjadi sehingga pelanggaran tersebut bisa ditindak lanjuti,” katanya.

Genius menambahkan jika hal ini dilaksanakan, maka Kota Pariaman adalah kota satu-satunya yang memantau seluruh Desa/Kelurahan melalui CCTV dalam segi keamanan warga dan lalu lintas sehingga keamanan warga terjaga.

Serta tindak kriminal bisa diminimalisir, arus lalu lintas dan kenyamanan pemakai jalan raya bisa terpantau dengan baik.

“Terkait dengan keamanan warga, saya apresiasi kepada Polresta Pariaman yang telah membantu Pemerintah Kota Pariaman dalam menjaga keamanan dan ketertiban. Saya lihat selama lebih kurang dua tahun ini Polresta Pariaman bertindak sangat bagus sekali, dengan menurunkan personel langsung kelapangan di jam-jam sibuk sekolah untuk membantu ketertiban arus lalu lintas sehingga kecelakaan bisa dihindari,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Pariaman AKBP Abdul Azis menyampaikan selama ini Polresta Pariaman sudah melakukan kerjasama dan bersinergi dengan Pemerintah Kota Pariaman dalam hal memberikan pelayanan kepada masyarakat salah satunya dengan cara memantau keamanan melalui CCTV.

“Banyak manfaat yang bisa kita ambil dari pemasangan CCTV ini, diantaranya adalah bisa memantau dan menindaklanjuti terjadinya kejahatan di tingkat desa/kelurahan, dan dari rekaman CCTV bisa dijadikan alat bukti dalam investigasi kriminal,” kata Abdul Aziz.

Abdul Aziz mengatakan mudah-mudahan wujud keseriusan dari Pemerintah Kota Pariaman dalam menerapkan pembangunan Smart City khususnya dalam segi keamanan warga bisa secepatnya terealisasi dengan pemasangan CCTV ini di setiap sudut Desa/Kelurahan yang ada di Kota Pariaman. (hen)

Exit mobile version