Rangkaian Kegiatan Ramadan, MTsN 1 Kota Pariaman Gelar Nuzul Qur’an dan Buka Puasa Bersama

Nuzul Qur'an

PARIAMAN, HARIANHALUAN.ID – Madrasah Tsanawiah Negeri (MTsN) 1 Kota Pariaman mengadakan peringatan Nuzul Qur’an dan buka puasa bersama keluarga besar di Kota Pariaman pada Rabu (27/3/2023).

Kepala MTsN Kota Pariaman, Tarmizi mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi keluarga besar MTsN 1 Kota Pariaman bersama pimpinan dan jajaran Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) di daerah tersebut.

“Kami memperingati Nuzul Qur’an dan untuk menguatkan tali silaturahmi antara keluarga besar MTsN 1 Kota Pariaman sendiri dengan unsur pimpinan, pejabat Kankemenag Kota Pariaman dan juga Pengurus Komite Madrasah,” katanya kepada Haluan.

Ia menjelaskan, antusias peserta yang mengikuti kegiatan buka puasa bersama cukup tinggi. Mulai dari jajaran guru dan pegawai hingga pimpinan dan pejabat Kemenag Kota Pariaman ramai memenuhi aula perjamuan.

Lebih lanjut Tarmizi menjelaskan, Nuzul Qur’an dan buka puasa bersama merupakan salah satu rangkaian kegiatan MTsN Kota Pariaman selama Ramadan. Sebelumnya, madrasah unggulan di Kota Pariaman itu tengah menjalankan program Pesantren Ramadan dari 18 Maret sampai 3 April mendatang.

“Di samping Pesantren Ramadan, kita tetap mengadakan proses belajar mengajar (PBM) biasa dengan jadwal selang-seling antar tingkatan kelas,” katanya.

Ia menjelaskan, pada minggu pertama jadwal Pesantren Ramadan diperuntukkan kelas delapan, sementara PMB untuk kelas sembilan. Adapun kelas tujuh diliburkan dalam waktu seminggu pertama itu.

“Kemudian pada minggu kedua, kelas sembilan yang mengikuti Pesantren Ramadan, sementara kelas tujuh PBM. Dilanjut pada minggu ketiga, direncanakan Pesantren Ramadan untuk kelas tujuh dan PBM untuk kelas delapan,” katanya.

Menyambut jadwal Assesmen Madrasah, Tarmizi mengatakan, MTsN 1 Kota Pariaman juga telah melangsungkan kegiatan muhasabah untuk siswa kelas sembilan.

“Kegiatan terbaru kami, setelah Nuzul Qur’an kemarin, kita mengadakan muhasabah jelang assesmen madrasah untuk siswa kelas sembilan,” ujarnya.

Ia menyebut, muhasabah merupakan kegiatan rutin yang dijadwalkan untuk siswa yang akan mengikuti ujian akhir madrasah. (*)

Exit mobile version