Hari Kedua Lebaran, Arus Lalu Lintas Pariaman Terpantau Lancar

PARIAMAN, HARIANHALUAN.ID – Kondisi arus lalu lintas di Kota Pariaman pada hari kedua perayaan Idul Fitri terpantau ramai lancar. Kepadatan kendaraan hanya terjadi di daerah sekitar objek wisata, tapi tidak menimbulkan kemacetan yang berarti.

Kasat Lantas Polres Kota Pariaman, Ipda Arisman Sapitra mengatakan, pihaknya telah menempatkan sejumlah personel pada beberapa titik yang diperkirakan rawan macet. Kendati begitu, hingga saat ini belum ada kendala selama proses pengaturan lalu lintas.

“Kami sudah menempatkan personel di titik-titik yang kemungkinan terjadi kemacetan. Sampai sekarang kondisi lalu lintas lancar terkendali,” katanya kepada Haluan, Kamis (11/4/2024).

Dibanding hari pertama, arus lalu lintas sedikit lebih ramai pada hari kedua perayaan Idul Fitri. Sebab, pembukaan Piaman Barayo dimulai dari hari kedua Idul Fitri dengan menampilkan atraksi pentas seni yang semakin meningkatkan minat wisatawan.

Arisman menyebut, sistem lalu lintas yang diberlakukan masih seperti biasa. Namun, katanya, jika kemacetan terjadi ada kemungkinan menggunakan sistem satu arah pada titik lalu lintas yang menuju objek wisata.

“Kalau seandainya lalu lintas terpantau padat dan bakal terjadi kemacetan, dapat diberlakukan sistem satu arah. Namun, sampai sekarang masih lancar dan normal,” ulasnya.

Adapun, personel yang dikerahkan selama momen perayaan Idul Fitri berjumlah kurang 135 orang dengan penyebaran dan jadwal tugas yang sudah diatur. Selain itu, personel Sat Lantas Polres Pariaman juga rutin bertugas pada pos-pos pengamanan dan pos-pos pelayanan.

Pos tersebut aktif selama perayaan lebaran berlangsung. Adapun pos pengamanan terletak di Pantai Gandoriah, sebagai pusat kunjungan wisata di daerah tersebut. Kemudian ada juga di Pantai Kata yang berada tidak jauh dari Pantai Gandoriah.

Sementara pos pelayanan berada di dua tempat yaitu, Pasar Pariaman dan Sungai limau. (*)

Exit mobile version