Luapan Air Selokan, Ruas Jalan Toboh Kampung Dalam Terendam Banjir

PARIAMAN, HARIANHALUAN.ID – Ruas jalan di daerah Toboh, Nagari Campago Selatan, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman terendam banjir setinggi betis orang dewasa, Jumat (12/4/2024) malam. Banjir berasal dari luapan air selokan yang terletak di bahu jalan.

Menurut penuturan warga sekitar, banjir luapan sering terjadi ketika curah hujan tinggi. Selokan berdiameter kurang lebih satu meter itu tak cukup menampung debit air yang besar.

Selain itu, dataran yang rendah menyebabkan badan jalan lebih rawan digenangi air. Pada beberapa titik, luapan air membuat kemacetan kendaraan karena harus berjalan pelan dan hati-hati.

“Di sini memang sering banjir kalau musim penghujan. Penyebabnya karena air selokan yang meluap, sehingga menggenangi jalanan,” kata Wati salah seorang warga setempat.

Pada kesempatannya, ia memasang rambu-rambu berupa kursi kayu ke badan jalan untuk menghindari pengendara yang ugal-ugalan.

Pantauan Haluan, curah hujan tinggi sudah berlangsung sejak sore hari. Beberapa kali hujan teduh, tapi turun kembali dalam jeda waktu yang singkat.

Genangan air di badan jalan sudah terlihat dari arah Simpang Empat Toboh sampai korong Bukitgonggang. Tinggi banjir cukup bervariasi, dari mata kaki hingga betis orang dewasa. (*)

Exit mobile version