Empat Hari Piaman Barayo, Puluhan Ribu Pengunjung Banjiri Objek Wisata Pariaman

PARIAMAN, HARIANHALUAN.ID- Pemerintah Kota Pariaman (Pemko) melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mencatat sebanyak 37.894 wisatawan mengunjungi objek wisata yang ada di daerah tersebut selama libur lebaran 1445 Hijriah.

Angka tersebut merupakan rekapitulasi jumlah kunjungan dalam empat hari pertama pelaksanaan Piaman Barayo yang dimulai sejak 11 April lalu. Rencananya, kegiatan ini bakal berlangsung sampai 21 April mendatang.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, Ferialdi mengatakan, target pemko selama sepuluh Piaman Barayo ialah mendatangkan satu juta pengunjung ke objek wisata.

Ia berharap jumlah tersebut bisa meningkatkan pendapatan asli daerah di Kota Pariaman. Jika setiap orang diestimasi mengeluarkan Rp100 ribu, maka jumlah perputaran uang bisa mencapai Rp1 miliar. Adapun target retibusi yang disasar Pemko ialah berkisar Rp200-300 juta.

“Kami menargetkan satu juta pengunjung selama Piaman Barayo. Dari jumlah tersebut diharapkan angka perputaran uang mencapai Rp1 miliar dengan estimasi masing-masing pengunjung mengeluarkan uang Rp100 ribu,” katanya.

Tahun ini, ada sembilan objek wisata yang bisa disambangi pengunjung selama Piaman Barayo. Objek wisata tersebut mencakup Pasir Sunur, Binasi, Taman Ayunan, Pantai Cermin, Pantai Kata, Pantai Gandoriah, Pulau Angso Duo, Talao Pauh dan Pantai Apar.

“Lima dari destinasi yang disebutkan dikelola oleh Desa dan Kelurahan masing-masing. Bagaimana teknis dan persiapannya sudah kami diskusikan melalui rapat bersama,” kata Ferialdi.

Lima destinasi yang dikelola pemko dimulai dari Pantai Kata, Pantai Gandoriah Talao Pauh dan Pulau Angso Duo. Sementara destinasi lain dikelola oleh desa/kelurahan setempat. (*)

Exit mobile version