Capai 80 Ton Per Hari, Volume Sampah di Kota Pariaman Naik Empat Kali Lipat Selama Libur Lebaran

PARIAMAN, HARIANHALUAN.ID- Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kota Pariaman mencatat pertambahan volume sampah harian di daerah tersebut naik empat kali lipat selama libur lebaran.

Kepala DPRKPLH, Feri Andri mengatakan, volume sampah pada hari biasa berkisar 20-25 ton perhari. Namun, selama perayaan libur naik menjadi 80 ton perhari.

“Selama libur lebaran, terjadi penambahan timbulan sampah sampai empat kali lipat. Biasanya hanya satu RIT perhari, sekarang bisa empat-lima RIT,” katanya kepada Haluan.

Ia menyebut, pertambahan volume sampah paling dominan terjadi di kawasan pantai. Hal itu berkaitan dengan perayaan Piaman Barayo yang menyebabkan ramainya kunjungan di sejumlah objek wisata.

“Selain di pantai, sampah dari rumah tangga juga mengalami pertambahan volume karena ada banyak pemudik yang berada di Kota Pariaman. Begitu juga dengan sampah dari restoran atau tempat penyedia makan minum,” jelasnya.

Peningkatan timbulan sampah di Kota Pariaman memang sering terjadi pada momen libur lebaran. Feri Andri mengatakan, pihaknya sudah bersiap menindaklanjuti penambahan volume sampah sejak jelang lebaran. (*)

Exit mobile version