Warga Payolansek Terima Bantuan Rumah dari Baznas Payakumbuh

RTLH

Pemasangan batu pertama rumah bantuan oleh Pj Wali Kota Payakumbuh. IST

HARIANHALUAN.ID – Salah seorang dari keluarga kurang mampu di Kelurahan Payolansek, Kecamatan Payakumbuh Barat, dapat bantuan rumah.

Bantuan atas kerja sama antara Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh dengan Badan Amil Zakat (BAZ), LPMP dan masyarakat untuk membantu keluarga Khaidir (60) mendapatkan hunian yang layak. Bantuan berupa renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang nantinya akan dibangun dengan tipe 42. 

Pejabat Wali Kota Payakumbuh, Rida mengatakan, bantuan tersebut bukan bersumber dari APBD melainkan dari Baznas, serta bersama swadaya masyarakat yang berhak menerima sesuai kriteria.

“Pemko hanya memfasilitasi. Dan melalui Dinas PUPR dan Perkim bersama LPM akan turun langsung dalam hal teknisnya,” ucap Penjabat Wali Kota Rida Ananda.

Pejabat wali kota bersama Sekretaris Dinas PUPR Rajman Sunardi, Camat Ul Fakhri dan jajaran lurah, serta tenaga kebersihan turun langsung di Kecamatan Payakumbuh Barat pada Kamis (4/5/2023). 

“Setelah bangunan selesai nantinya, untuk akses listrik dan air bersih akan saya selesaikan,” ujar Rida.

Rida berharap dengan selesai dibangun rumah itu, nantinya penerima dapat memenuhi kebutuhan yang selama ini diperlukan. “Semoga menjadi amal bagi kita semua. Dan saya mohon agar bapak Khaidir dan keluarga dapat memanfaatkan (rumah) dengan sebaik-baiknya,” katanya. 

Sementara itu, Camat Payakumbuh Barat, Ul Fakhri mengatakan, keluarga Khaidir selama ini menghuni rumah yang berada di atas tanah kaum dari Datuak Pangulu Sati Sikumbang hanya beralaskan tanah dan dinding rumah dari bilah bambu. 

“Akan ditempati oleh tiga KK dan pemilik lahan memberikan hak kelola kepada Bapak Khaidir,” kata camat. 

Dengan telah diletakkan batu pertama oleh Pj. Wali Kota Payakumbuh, proses pembangunan rumah akan berlangsung selama 15 hari kerja ke depan, dengan bangunan rumah semi permanen. (*)

Exit mobile version