Pemko Payakumbuh Siap Tindaklanjuti Pandangan Umum Farksi-Fraksi di DPRD

TAUFIK HIDAYAT - LIMA PULUH KOTA

HARIANHALUAN.ID – Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Dafrul Pasi menyampaikan apresiasi kepada Fraksi di DPRD Kota Payakumbuh yang telah menyampaikan pemandangan umum dalam rapat paripurna di Kantor DPRD setempat, Senin (15/5).

Dalam rapat paripurna tersebut, secara umum masing-masing fraksi menyampaikan pemandangan umum yang beragam, mulai dari urusan kesehatan, pendidikan, lingkungan, infrastruktur, hingga pertanian.

Mayoritas yang disampaikan fraksi-fraksi yang ada di DPRD Kota Payakumbuh tidak lepas dari dunia pendidikan, yakni kesejahteraan guru yang harus diperhatikan.

Di tengah suasana Kota Payakumbuh yang masih kekurangan jumlah Guru ASN atau guru PPPK. Keluhan lain juga diterima legislatif dari guru honor dan guru suka rela karena adanya perubahan regulasi dari pemerintah pusat, maka berimbas pada kesejahteraan para guru tersebut.

Legislator Kota Payakumbuh yakin Dinas Pendidikan telah memiliki data yang cukup tentang keluhan para guru honor, semoga segera dicarikan solusi yang benar sesuai regulasi yang berlaku, sehingga guru-guru kembali bergairah dalam upaya mencerdaskan anak bangsa.

Apresiasi juga disampaikan atas capaian WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) terhadap laporan keuangan Pemko Payakumbuh TA 2022 oleh BPK RI yang telah diraih 9 kali berturut-turut.

Menurut Dafrul Fasi, semua masukan, kritikan, dan saran yang disampaikan tentu jadi hal yang membangun untuk kemajuan Kota Payakumbuh ke depan. Bagaimanapun program yang berjalan perlu dievaluasi sesuai dengan tupoksi di kelembagaan.

“Kami langsung meminta OPD yang terkait agar segera memfollow up catatan dari dewan. Semuanya sudah dirangkum dan diserahkan kepada OPD,” kata Dafrul Fasi, Selasa (16/5).

Dijelaskannya, selain memberi masukan, DPRD juga menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Kota Payakumbuh yang sukses meraih pencapaian keuangan daerah yang baik sehingga kembali dapat WTP dari BPK.

“Ini tentu berkat dukungan kerja sama DPRD, sehingga kita bisa kembali dapat WTP ke 9 berturut-turut,” ungkapnya.

Yang jelas, kata Dafrul, sesuai dengan tugas khusus Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda, Pemko akan terus fokus mengurusi stunting, ekonomi ekstrem, dan inflasi.

“Yang sedang gencar juga kita benahi saat ini adalah masalah sampah dan lingkungan,” pungkasnya. (*)

Exit mobile version