Ipda Zuyu Gianto Dilewakan sebagai Datuak Rajo Nan Godang

DADANG ESMANA - PAYAKUMBUH

Ipda Zuyu Gianto saat dilewakan sebagai Datuak Rajo Nan Godang. IST

HARIANHALUAN.ID – Siapa yang tidak kenal dengan sosok Ipda Zuyu Gianto, S.Pt. Polisi peraih pin emas Kapolri tahun 2020 lalu. Ipda Zuyu Gianto,S.Pt diberikan penghargaan pin emas oleh Kapolri atas dedikasi dan loyalitasnya kepada lembaga Bhayangkara sebagai Polisi teladan.

Minggu  (28/5) kemarin, Ipda Zuyu Gianto yang akrab di panggil Zuyu itu, dipercayakan mengemban tugas sebagai ninik mamak di pasukuan Melayu Simalanggang, Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota

Dikukuhkan sebagai ninik mamak, Zuyu Gianto resmi menyandang soko sebagai Datuak Rajo Nan Godang Pasukuan Malayu Simalanggang. 

“Ini adalah suatu beban yang sangat berat bagi saya di percayakan selaku ninik mamak dalam kaum. Tugas ninik mamak selaku pemangku adat di Minangkabau makin lama makin berat. Ninik mamak harus memiliki kecerdasan untuk melindungi anak kemenakan, suku, korong kampuang dan nagarinya,” ucap Ipda Zuyu.

Katanya, ninik mamak harus mempunyai empat sifat utama yang merujuk kepada sifat kepemimpinan Nabi  Muhammad SAW, yang disebut dengan sifat panghulu nan ampek, siddiq (benar), tabligh (menyampaikan), amanah (dipercaya) dan fathonah (cerdas).

“Mudah-mudahan apa diamanahkan kepada saya ini dapat saya emban dan saya jalani dengan baik sesuai dengan sifat yang merujuk kepada yang telah disampaikan nabi kita yaitu Nabi Muhammad SAW,” katanya. 

Menurutnya, seorang penghulu pada hakekatnya “tumbuah dek batanam, tinggi dek baanjuang, gadang dek baambak”.

“Semoga amanah ini dapat saya jalankan dengan sebaik-baiknya, dan menjadi panutan bagi anak atau kamanakan kami, walaupun beban berat ini berada di pundak saya, semoga dengan kebersamaan dalam membangun, maupun dalam mengayomi dapat saya jalankan dengan baik,” imbuh Zuyu. (*)

Exit mobile version