Roadshow Aplikasi Signal di Pessel, Bayar Pajak Mudah dengan Aplikasi Handphone

HARIANHALUAN.ID – Senin (30/10) Badan Pendapataan Daerah, Kepolisian dan Jasa Raharja lakukan Sosialisasi Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) Melalui Aplikasi Samsat Digital Nasional (SIGNAL). Sosialisasi diadakan di Gedung Serbaguna PCC Pesisir Selatan.

Kegiatan sosialisasi diikuti oleh seluruh Kepala SKPD, Seluruh Camat, dan Wali Nagari Se Kab. Pesisir Selatan. Kegiatan dibuka oleh Bupati Pesisir Selatan, yang diwakili oleh Asisten III.

Sosialisasi tersebut dalam rangka memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk melakukan pembayaran PKB dan SWDKLL dari mana saja, kapan saja dan dalam satu genggaman yaitu Samsat Digital Nasional.

Kepala UPTD SIPD Bapenda Sumbar Bapak A. Suhendri, S.Kom, M.Sc. menyampaikan, aplikasi ini sangat memudahkan masyarakat untuk membayar pajak kendaraannya. Tanpa harus datang kekantor Samsat, masyarakat dapat langsung membayar pajak melalui handphone di aplikasi Signal.

“Kegiatan ini juga diselenggarakan dalam rangka meningkatkan pendapatan daerah yang nantinya akan digunakan untuk pembangunan daerah,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Jasa Raharja yang dihadiri oleh Fadhil Iqbal Penanggung Jawab Jasa Raharja di Painan memberikan pemaparan mengenai peran dan fungsi Jasa Raharja, terutama di kantor bersama Samsat.

“Jasa Raharja mengelola Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang (DPWKP) dan Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (DKLLJ) yang bersumber dari pembayaran Iuran Wajib dan SWDKLLJ. Dana tersebut akan digunakan kembali untuk penyerahan santunan bagi korban kecelakaan,” jelas Fadhil

Ia mengimbau kepada seluruh peserta untuk taat melakukan pembayaran PKB dan SWDKLLJ sebelum jatuh tempo, serta ia menghimbau kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati dalam berkendara, utamakan selalu keselamatan. (*)

Exit mobile version