Bimtek IKMA, Febri Hendri Antoni Arief Permudah Fasilitas Pemasaran Produk

PADANG, HARIANHALUAN.ID- Staf Khusus Kementerian Perindustrian RI melalui Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin RI Febri Hendri, laksanakan Bimbingan Teknis Produksi dan Kewirausahaan IKM di Sumatera Barat yang dilaksanakan pada Senin (13/11/2023) lalu di Hotel Saga Murni Sago Salido Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat. 

Febri menyampaikan, bimtek ini merupakan hal yang sangat penting guna mengembangkan minat dan ketertarikan masyarakat hingga melahirkan wirausaha baru yang kompeten. 

“Harapan kita, agar masyarakat oleh lebih tertarik dan lebih memahami mengenai dunia wirausaha. Sumatera Barat harus memunculkan banyak wirausahawan baru. Sebelumnya kita juga sudah laksanakan sosialisasi mengenai promosi IKM secara digital di Sumatera Barat. Kalau sekarang kita laksanakan Bimtek, ” katanya.

Tidak hanya berwirausaha, pihaknya juga memberikan pengetahuan dalam pemasaran produk. Terlebih pemasaran secara digital, sebab itu pihaknya memberikan fasilitas pinjaman HP dan praktik langsung pemasaran produk secara online.

Selanjutnya, ia mengatakan setelah bimtek akan dibimbing mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB). Sebab NIB ini sangat penting untuk pengurusan seperti sertifikasi halal.

“Apabila tidak memiliki izin usaha, maka tidak bisa mengurus label halal. Sebab, tahun 2024 seluruh produk pangan harus punya label halal,” katanya di hadapan 80 peserta bimtek. 

Salah seorang pengusaha kuliner dari Nagari Pasar Baru Kecamatan Bayang Yeni, sudah memiliki usaha yang awalnya hanya di dekat sekolah. Ia merasa sangat terbantu dengan adanya bimtek ini terutama dari fasilitas HP yang telah diberikan oleh Febri Hendri Antoni Arif selaku staf khusus dari kementerian perindustrian RI. 

“Sebelumnya belum pernah mengikuti kegiatan seperti ini. Dari acara ini kita bisa belajar banyak mengenai cara pengemasan yang menarik, cara penasaran agar memaksimalkan penjualan dan menambah laba,” ungkapnya. 

Selain itu, ia juga bersyukur bahwa masih ada Instansi pemerintah yang peduli kepada para Wirausahawan. Kemudian ikut serta membimbing dan memberikan fasilitas kepada para wirausahawan yang telah mengikuti bimbingan teknis secara langsung yang dilaksanakan oleh Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian RI. (*)

Exit mobile version