140 Pelaku UMKM Pessel Ikuti Pembekalan

Sebanyak 140 pelaku UMKM di Pessel mengikuti pembekalan pada 23-24 November 22 lalu di  Grand Basko Hotel Padang. IST
HARIANHALUAN. ID – Dinas Koperasi, Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil,  Menengah dan Tenaga Kerja Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) memberikan pembekalan dan pelatihan bagi 140 pelaku UMKM untuk gelombang kedua 23-24 November 23 lalu di  Grand Basko Hotel Padang.
Bupati Pessel Pesisir Selatan diwakili Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Tenaga Kerja, Jafriwandi menegaskan Pemkab Pessel akan terus memperkuat kemampuan pelaku usaha masyarakat yang tergabung dalam anggota koperasi, pemberdayaan terhadap masyarakat pelaku usaha menengah, masyarakat pelaku usaha kecil dan masyarakat pelaku usaha mikro (UMKM).
Ditambahkannya, Pemkab Pessel sedang berusaha untuk mensejahterakan masyarakat melalui usaha penguatan koperasi dan UMKM.
Dikatakannya penguatan dan pemberdayaan pada pelaku usaha koperasi dan UMKM ini telah dilakukan oleh Pemkab Pessel melalui dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja.
Diantaranya melalui pelatihan dan dukungan kerja sama dengan pihak Bank Nagari dan bank lainnya sebagai perbankan yang menjadi mitra kerja dalam memperkuat semua usaha perkoperasian dan UMKM di Pessel.
“Alhamdulillah saat krisis ekonomi terjadi beberapa waktu lalu, ternyata 61 persen perekonomian kita disokong oleh koperasi dan UMKM”, kata Kepala Bidang Koperasi dan UMKM Dinas Koperasi, UMKM dan Tenaga Kerja Pessel Weldewita
Lebih jauh Weldewita mengatakan dasar pelaksanaan kegiatan adalah Undang-undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro Kecil & Menengah dan PP Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Kemudahan, Perlindungan & Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah serta Program Pemberdayaan Usaha Menengah, Usaha Kecil dan Usaha Mikro (UMKM) Tahun Anggaran 2023.
Maksud dan tujuan maksud pelaksanaan kegiatan ini memberikan pengetahuan kepada calon pelaku usaha se-Pessel. Sehingga nanti dapat mengembangkan ide  dan memanfaatkan peluang usaha sehingga dapat meningkatkan jumlah wirausaha yang berkualitas dan mendukung munculnya usaha-usaha kecil serta membuka lapangan pekerjaan. (dul)
Exit mobile version