Pengurus Perkumpulan Keluarga Perantau Wilayah Lengayang (PKPWL) Resmi Dilantik

PADANG, HARIANHALUAN.ID –  Pengurus Dewan Pimpinan Pusat Perkumpulan Keluarga Perantau Wilayah Lengayang (DPP PKPWL) masa bakti   2023-2028, resmi dilantik di  Aula Kantor Gubernur Sumatera Barat  Sabtu, (23/12) kemarin. 

Acara pelantikan ini  dihadiri  perwakilan Gubernur Sumbar,  Tokoh masyarakat dan perantau Lengayang, Ketua Badan Musyawarah (Bamus) Nagari, Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Kambang dan Lakitan, Camat Lengayang, Dewan Pimpinan Wilayah Perkumpulan Keluarga Pesisir Selatan (DPP PKPS), serta Dewan Pimpinan Wilayah Perkumpulan Wanita Pesisir Selatan (DPW PWPS) beserta jajaran. 

Acara  diawali dengan penyampaian laporan kegiatan Panitia Pelaksana oleh Asril Melayu. Sementara pengukuhan pengurus, dipimpin langsung oleh  pengurus Dewan Pembina DPP PKPS, Drs.Faisal Syarif 

Acara dilanjutkan dengan penyerahan pataka DPP PKPWL dari Ketua Dewan Pembina serta diakhiri dengan penandatanganan berita acara yang disaksikan langsung oleh  Hamdanus dan Bakri Maulana selaku saksi. 

Acara pengukuhan disertai dengan pemukulan tambur yang menandakan perjuangan dalam menjalankan tugas oleh para tokoh yang gigih serta untuk mengapresiasi rangkaian acara pengukuhan dan para tokoh yang hadir memeriahkan acara tersebut.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian kata sambutan dari beberapa tokoh yang terlibat penting dalam tegaknya kepengurusan ini. Kata sambutan pertama disampaikan oleh ketua DPP PKPWL yang dikukuhkan periode 2023-2028.

“Dalam kata sambutan ini, saya menghimbau kepada seluruh keluarga Lengayang apapun gelar dan profesi serta dimanapun melakukan aktivitas, hendaklah kita selalu saling menjaga ikatan batin yang kuat bagi yang berada di perantauan meskipun di kampung halaman,” ujar Yasmardi, S.H selaku Ketua DPP PKPWL masa bakti 2023-2028.

Yasmardi mengatakan, tujuan dari didirikannya Ormas ini adalah untuk upaya mempersatukan seluruh lapisan keluarga Lengayang dimanapun berada. Sebab bagaimanapun, PKPWL merupakan “Rumah Gadang” bagi seluruh perantau Lengayang. 

Ia berharap  dengan terbentuknya kepengurusan DPP PKPWL ini, ormas-ormas yang berjalan terpisah dari PKPWL akan menemukan jalan untuk melangkah bersama dan terhubung secara organisatoris dan struktural. 

Dalam kesempatan yang sama, Pemprov Sumbar yang saat itu diwakili pejabat  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan,  menyampaikan ucapan terimakasih kepada  tokoh masyarakat Lengayang, warga Lengayang serta para tokoh perantau yang telah berinisiatif untuk menghimpun para perantaunya dalam sebuah organisasi masyarakat berbadan hukum. 

“Pada masa mendatang kita semua berharap bahwa PKPWL ini dapat berkembang menjadi ormas yang dapat berkiprah dan mengepakkan sayapnya di tingkat nasional bahkan global. Hal itu sangat tidak mustahil, karena kita semua tau bahwa warga Lengayang merupakan orang-orang yang tangguh dan aktif di berbagai organisasi dan menapakkan karirnya di berbagai instansi pemerintah,” tutur Gubernur Sumbar yang diwakili oleh Disdikbud. (*)

Exit mobile version