Dirgahayu Kemerdekaan RI di Sawahlunto, Bendera Merah Putih Raksasa Membentang di Lereng Bukik Sulah

Semarak HUT RI Dari Desa Tumpuak Tangah, Bendera Merah Putih ‘Raksasa’ Membentang di Bukik Sulah

HARIANHALUAN.id – Badan Pengelola Geopark Nasional Sawahlunto menyemarakkan momen HUT RI ke-77 dengan mengibarkan bendera merah putih berukuran 15×20 meter di Bukik Sulah Desa Tumpuk Tangah Kecamatan Talawi.

Ketua Sawahlunto Geopark Youth Forum (SGYF) Robert, pada Sabtu 20 Agustus 2022, menyebut pengibaran bendera di Bukik Sulah itu terselenggara dengan dukungan dari tim vertical rescue Sawahlunto, Badan Pengelola Geopark Nasional Sawahlunto, Pemerintah Desa Tumpuak Tangah dan Babinkamtibmas setempat.

“Bertepatan dengan upacara pengibaran bendera HUT RI ke-77, kami di Bukik Sulah juga Alhamdulillah sukses mengibarkan bendera ukuran 15×20 meter menyelimuti bebatuan di bukit tersebut. Ini salah satu peran serta dari kita yang mengelola dan mencintai Geopark dalam semangat nasionalisme memeriahkan HUT RI,” kata Robert.

Robert menyampaikan terima kasih kepada tim vertical rescue Sawahlunto yang telah dengan suka rela membantu dalam memasangkan bendera berukuran besar tersebut di Bukik Sulah.

Kepala Desa Tumpuak Tangah Rudi Guslianto menyampaikan bahwa bendera berukuran 15×20 meter yang dibentangkan di Bukik Sulah tersebut dibuat langsung oleh warga Desa Tumpuak Tangah.

“Senang sekali kami masyarakat Tumpuak Tangah melihat bendera raksasa itu telah terbentang di Bukik Sula. Ini pertama kali dan kita berharap tahun depan bisa diulangi kembali,” kata Rudi.

Sementara Ketua Vertical Rescue Sawahlunto Hengky mengatakan pihaknya membantu secara suka rela sebagai bentuk kepedulian pada lingkungan dan wujud nasionalisme memeriahkan HUT RI.

“Kami melihat ke depan kawasan Bukik Sulah ini potensial untuk lokasi panjat tebing. Kawasan ini memberikan tantangan baru dalam menjajaki panjat tebing pada bebatuan alami,” kata Hengky.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan yang dilaksanakan di Desa Tumpuak Tangah dalam menyemarakkan HUT RI tersebut.

“Berbagai bentuk kegiatan diselenggarakan masyarakat dalam memeriahkan HUT RI sesuai potensi di daerahnya masing-masing. Kali ini di Desa Tumpuak Tangah dengan potensi Geopark itu membentangkan bendera merah putih di Bukik Sulah, kita mengapresiasi dan berterima kasih” kata Wali Kota Sawahlunto Deri Asta. (*)

Exit mobile version