Kota Pusaka Indonesia, Presiden Jokowi Berulang Kali Sebut Kota Sawahlunto

Presiden Jokowi Berkali – kali Sebut Kota Sawahlunto

HARIANHALUAN.id – Ketua Presidium Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) yang juga Walikota Bogor, Bima Arya menyebutkan bahwa Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo berkali-kali menyebut nama Kota Sawahlunto, Sumatera Barat pada Kongres JKPI tahun 2021 lalu di Kota Bogor.

“Sejak saat itu, saya ingin sekali berkunjung ke sini,” katanya saat pembukaan seminar JKPI di Kota Sawahlunto, Sabtu (17/9).

JKPI merupakan jaringan antar kota khususnya menjaga kelestarian benda cagar budaya peninggalan sejarah Indonesia. Saat ini JKPI beranggotakan 73 kota dimana kota Sawahlunto dan Kota Bogor termasuk 2 kota dari 12 kota yang menjadi deklarator JKPI.

Walikota Sawahlunto pada saat itu, Almarhum Amran Nur menjadi Ketua Presidium JKPI pertama dan kongres pertama juga di Sawahlunto.

Sementara Walikota Sawahlunto menjelaskan seminar kali membahas sejumlah hal terkait langkah – langkah strategis menghadapi persaingan global di era pasca pandemi Covid 19 bagi kota pusaka termasuk kota Sawahlunto.

“Seminar ini juga sekaligus memperingati 3 tahun Sawahlunto sebagai kota warisan dunia UNESCO,” katanya.

Kota Sawahlunto ditetapkan sebagai warisan dunia UNESCO pada 6 Juli 2019 lalu di Baku, Azerbaijan. Karena itu seminar tersebut dapat menjadi tolak ukur apa yang harus dilakukan kedepannya. (*)

Exit mobile version