Kapolsek Sawahlunto Hidupkan Kembali Dunia Hiburan Usai Pandemi

Kapolsek Sawahlunto

HARIANHALUAN.ID – Pandemi Covid-19 yang melanda dunia beberapa tahun terakhir melumpuhkan sendi-sendi kehidupan. Selain itu, dunia pariwisata serta hiburan juga lumpuh total. Tak terkecuali di Kota Sawahlunto, Sumatra Barat (Sumbar).

Lebih dari dua tahun aktivitas hiburan tidak lagi berjalan di Kota Wisata Tambang ini. Suara musik dan lantunan lagu nyaris tak terdengar.  Dulu, sebelum pandemi menyerang, tiap akhir pekan banyak acara hiburan di pusat keramain.

Setelah pelonggaran aktivitas keramaian oleh pemerintah beberapa bulan lalu, ternyata tidak serta merta membuat acara hiburan itu kembali muncul ke permukaan. Entah belum punya ide atau masih trauma akan Covid-19.

Barulah muncul ide untuk kembali menghidupkan kembali dunia hiburan di Kota Arang tersebut oleh Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Sawahlunto Polres Sawahlunto, Iptu Marwan pada awal November tahun lalu.

Marwan mengatakan, kegiatan tersebut berkolaborasi dengan pemerintah dan pelaku musik Kota Sawahlunto dengan tema “Tunjukkan Bakat”. Pesertanya berasal dari para pelajar, mahasiswa hingga kategori umum. Kegiatan tersebut dilaksanakan di pelataran parkir Blok C Pasar Kota Sawahlunto setiap malam Minggu.

Ia mengatakan, layaknya ajang pencarian bakat, peserta dinilai oleh dewan juri. Peserta yang lolos, selanjutnya melaju ke babak berikutnya hingga akhirnya mendapatkan juara.

Panggung musik ini dinilai dapat menyedot animo dan semangat masyarakat untuk kembali bangkit dari keterpurukan akibat pandemi. Puluhan bahkan ratusan masyarakat tumpah ruah di pasar itu. Ekonomi berjalan, transaksi jual beli meningkat dan pelaku musik atau seni kebanjiran objek. (*)

Exit mobile version