Cegah Abrasi, Kantor Camat Barangin Sawahlunto Dipagari Pohon Produktif

KUGA - SAWAHLUNTO

Manfaatkan Lahan Kosong dan Cegah Tanah Amblas, Camat dan Pegawai Kecamatan Barangin Tanam Pohon

HARIANHALUAN.id – Memanfaatkan lahan kosong, pegawai Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto menanam pohon produktif seperti alpukat, mangga dan bibit umbi-umbian. Selain itu, juga ada tanaman serai, kunyit dan lengkuas, Jum’at (27/01/23).

Cocok tanam tersebut merupakan salah satu upaya dalam memperkuat silaturahmi dan semangat gotong royong. Camat Barangin Subandi mengungkapkan cocok tanam ini bisa dimanfaatkan beberapa tahun kemudian oleh masyarakat.

Menurutnya, tanaman – tanaman tersebut nantinya bisa mengurangi erosi dan tanah amblas yang diakibatkan oleh tergerusnya tanah karena kurangnya tanaman penyerap air karena lokasi kantor Kecamatan Barangin yang berada di ketinggian.

“Mudah-mudahan tanaman ini semakin tumbuh menjadi pohon-pohon yang kokoh pencegahan bencana. Tidak hanya itu, pohon – pohon tersebut juga diharapkan mampu mengurangi polusi udara,” tambahnya.

“Kegiatan penanaman pohon ini adalah bentuk kepedulian pegawai di Kecamatan Barangin terhadap lingkungan sekitar agar terlihat lebih indah dan asri. Banyak beranggapan, di lingkungan kantor, kebersihan dan keindahan itu adalah tanggung jawab bidang kebersihan saja. Padahal itu adalah tanggung jawab bersama,” tegasnya lagi.

Dia menghimbau kepada pegawai dan masyarakat setempat agar selalu gotong royong dan selalu menjaga kebersihan halaman dan di ruangan kerja serta lingkungan perumahan masing-masing agar nyaman dan indah. (*)

Exit mobile version