SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.ID- Sejak awal 2023 hingga awal 2024, Dinas Pertanian Kota Sawahlunto secara rutin dan konsisten telah menerbitkan lebih dari seribu dokumen elektronik baik itu surat masuk, surat keluar, hingga surat tugas yang telah ditandatangani secara elektronik.
Kepala Dinas Kominfo Kota Sawahlunto, Nova Erizon mengapresiasi Dinas Pertanian yang konsisten mengimplementasikan e-surat sebagai langkah untuk mempercepat Penerapan Sistem Merit (sistem manajemen SDM) Kota Sawahlunto.
“Sistem merit ini bertujuan agar manajemen ASN dapat berjalan secara efektif dan efisien,” kata Nova, Selasa (20/02/2024).
Sementara itu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil juga rutin menerapkan e-gov di OPD. Tercatat OPD tersebut telah menerbitkan sekitar 750 e – surat dalam setahun berjalan.
Selanjutnya di posisi ketiga yaitu Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan PPA Kota Sawahlunto yang menerbitkan 630 e – surat. Sementara 16 OPD lainnya belum menyentuh angka 100 penerbitan.
“Kami berharap bagi admin dan user yang tidak aktif dapat mengkomunikasikan kepada Kominfo tentang kendala. Kominfo juga minta support dari pimpinan. Kalau dinas pertanian selalu tanggap terhadap kekurangan dan kendala jadi dapat solusi,” harapnya.
Sementara Kepala Bidang Layanan E-Government, Infrastruktur dan Persandian, Egy Delfita mengungkapkan sejak launching pertengahan 2022 Kominfo mengakui banyak kekurangan. Namun tentu Kominfo butuh masukan dari OPD lain tentang kekurangan atau celah tersebut agar aplikasi E-Gov semakin baik.
Dia menambahkan, jika aplikasi E-Gov semakin baik maka pencapaian Indek Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Kota Sawahlunto akan semakin meningkat sesuai instruksi Sekretaris Daerah beberapa waktu lalu. (*)