Kapolsek Sawahlunto Imbau Masyarakat Antisipasi Pencurian dan Kebakaran Selama Ramadan

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.ID – Kapolsek Sawahlunto mengimbau masyarakat di wilayah hukumnya di Kecamatan Lembah Segar, untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) selama Ramadan 1445 H, Jumat (1/3/2024).

Kapolsek Sawahlunto, AKP Marwan mengatakan, selama Ramadan diharapkan kepada masyarakat untuk tidak bermain petasan dan perang sarung, karena dapat membahayakan diri sendiri dan juga orang lain, serta mengganggu kegiatan keagamaan masyarakat yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Lebih lanjut dia meminta agar jangan melakukan balap liar dan tawuran, aksi ini merupakan tindakan kriminal yang pelakunya dapat dijerat dengan hukuman.

“Bulan suci Ramadan hendaknya diisi dengan kegiatan tadarus Al-Qur’an, berzikir dan amalan lainnya,” ujarnya

Marwan juga meminta agar masyarakat mengecek keadaan rumah sebelum berangkat melaksanakan tarawih. Apakah rumah sudah dikunci atau kompor sudah dimatikan.

“Kejadian pencurian dan kebakaran acap kali terjadi saat Ramadan, karena kelalaian masyarakat. Jangan sampai kekhusukan beribadah terganggu karena hal tersebut,” katanya lagi.

Dia juga akan menugaskan jajaran Polsek Sawahlunto dalam menjaga keamanan di titik rawan selama Ramadan, seperti di pasar pabukoan, kawasan Lapangan Segitiga Ombilin dan jalur lalu lintas di pusat kota. (*)

Exit mobile version