Antisipasi Balap Liar, Satlantas Polres Sijunjung Laksanakan Patroli

Satlantas Sijunjung

Personel Satlantas Polres Sijunjung saat melakukan kegiatan patroli antisipasi balap liar jelang waktu berbuka puasa di kawasan Jalan Baru, Kandang Baru, Simpang Kantor DPRD Sijunjung, yang kerap dijadikan sirkuit balap liar sekelompok pemuda. IST

HARIANHALUAN.ID – Aksi balapan liar kerap kali bermunculan saat Ramadan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, pihak Satlantas Polres Sijunjung terus meningkatkan pelaksanaan patroli pengawasan terkait balap liar dan gangguan keamanan lain setiap harinya.

Patroli ini dengan sasaran lokasi yang rawan dipakai untuk kegiatan aksi balap liar oleh sejumlah pemuda jelang waktu berbuka puasa, serta usai salat taraweh. 

Kapolres Sijunjung melalui Kasatlantas AKP Zamri Aldi didampingi Kanit Dikyasa Aipda Irwandi mengatakan bahwa aksi balapan liar tersebut dilakukan oleh sekelompok pemuda menjelang waktu berbuka, salat taraweh, serta menjelang sahur, sehingga membuat kenyamanan dan ketentraman masyarakat menjadi terganggu.

“Selain di Jalan Kandang Baru dekat Kantor DPRD Sijunjung, jalan protokol kabupaten serta jalan lintas Sumatra juga merupakan tempat favorit yang kerap dijadikan lokasi aksi balapan liar. Untuk itu, pihak kepolisian menambah jam patroli guna mengantisipasinya dan terkait cipta kondisi selama Ramadan. Kami juga melaksanakan Patroli Blue Light sebagai upaya meminimalisir terjadinya balap liar,” ujarnya, Selasa (28/3/2023).

Kasatlantas  juga mengimbau kepada masyarakat yang mengetahui adanya aksi balapan liar, tawuran maupun tindak kejahatan lainnya agar melapor pada pihak kepolisian dengan menghubungi nomor 110 atau Polsek terdekat untuk tindakan dan penanganan.

“Tentunya, keamanan adalah tugas kita bersama. Untuk itu, peran serta masyarakat juga sangat kami butuhkan. Jika ada potensi gangguan kamtibmas, segera lapor. Sebab bagi kami, kalau bisa dicegah dan diantisipasi, kenapa harus nunggu terjadi,” ucapnya.

Zamri Aldi juga mengajak masyarakat bahwa bulan Ramadan merupakan waktunya masyarakat banyak beribadah, jadi manfaatkanlah waktunya untuk hal-hal yang positif. 

“Untuk para orang tua, kita imbau agar selalu mengawasi anak-anaknya. Jangan sampai anak-anak berkeliaran setelah Subuh, karena bisa terlibat aksi balap liar atau bahkan tawuran,” tuturnya. (*)

Exit mobile version