Hujan Dengan Intensitas Tinggi, Longsor Hantam Rumah Nurani

Muspika Kupitan bersama BPBD Sijunjung serta Kepala Desa Kampung Baru meninjau rumah warga yang tertimpa bencana longsor akibat hujan dengan intensitas tinggi, Selasa (9/4) di Dusun Guguk Bulek Desa Kampung Baru Kecamatan Kupitan.

SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.ID– Bencana tanah longsor menerjang rumah salah seorang warga di Desa Kampung Baru Kecamatan Kupitan, Selasa (9/4/2024) malam sekitar pukul 19.30 selepas diguyur hujan dengan intensitas tinggi.

Tanah longsor tersebut mengakibatkan satu bangunan rumah rusak serta mengakibatkan banjir bandang yang sempat menutup akses warga dari desa Kampung Baru menuju Nagari Padang Sibusuk.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sijunjung Hendri Chaniago melalui Kasie kedaruratan Heries SH mengatakan bahwa rumah yang rusak tersebut milik warga Dusun Bulek Desa kampung Kecamatan Kupitan bernama Nurani (52).

“Kejadian tanah longsor disebabkan oleh hujan dengan intensitas deras yang mengguyur di wilayah Kabupaten Sijunjung semenjak Selasa sore hingga malam hari dan mengakibatkan banjir bandang,” ujarnya, Rabu (10/4/2024).

Heries menuturkan Kerusakan rumah ada pada dinding bagian belakang rumah yang jebol dan mengalami keretakan. Kemudian, hujan deras juga mengakibatkan banjir bandang serta menggenangi areal persawahan milik warga yang luasnya kurang lebih 40 ha dengan kondisi siap panen.

Tim BPBD Sijunjung lanjut Heries yang mendapatkan laporan sekitar pukul 21.00, langsung meninjau lokasi kejadian bersama Kepala desa, Camat serta pihak kepolisian dan TNI. Selain itu juga menyerahkan bantuan logistik kepada warga terdampak bencana tanah longsor.

Heries juga kembali meminta warga untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas tinggi hingga akhir bulan ini. Beberapa potensi ancaman bencana alam yang harus diwaspadai dari longsor, banjir dan puting beliung.

Dia juga mengajak masyarakat untuk membersihkan selokan air agar bebas dari sumbatan sampah. Sehingga kala terjadi hujan deras, saluran air lancar dan tidak mengakibatkan banjir atau genangan. (*)

Exit mobile version