H+3 Lebaran, Kondisi Lalu Lintas Jalinsum di Sijunjung Ramai dan Lancar

SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.ID – Memasuki H+3 setelah Lebaran, kondisi arus lalu lintas Jalan Lintas Sumatra (Jalinsum) yang terbentang di Kabupaten Sijunjung terpantau ramai dan lancar.

Dari pantauan, sepanjang jalur arus mudik mulai dari pintu masuk Kabupaten Sijunjung dari arah Padang sampai kecamatan paling ujung, yaitu Kecamatan Kamang Baru yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Dharmasraya, serta Kabupaten Singingi Provinsi Riau, kondisi arus mudik dan arus balik terpantau ramai dan lancar, tidak terlihat adanya penumpukan kendaraan yang menyebabkan kemacetan.

Beberapa pasar tradisional yang berada di pinggir jalan Lintas Sumatra sebagai jalur para pemudik juga tidak menimbulkan kemacetan.

“Meskipun demikian, para pengendara dan pengguna jalan diharapkan berhati-hati, karena kondisi jalan yang mulus, serta kanan kiri jalan terdapat banyak area pemukiman, persawahan hingga perbukitan, sehingga rasa ngantuk bisa saja terjadi ketika melewati jalur tersebut,” ujar Kasatlantas Polres Sijunjung, AKP Dani Salman, Sabtu (13/4/2024).

Dani Salman menuturkan, angka kecelakaan yang terjadi selama arus mudik hingga arus balik sampai hari ini (Sabtu,red) nihil dan seperti Lebaran tahun sebelumnya, arus lalu lintas di jalur mudik dan arus balik yang melintasi di wilayah Kabupaten Sijunjung didominasi kendaraan pribadi dan sepeda motor.

“Banyak dari para pemudik memacu kendaraanya untuk pulang ke kampung halamannya memilih waktu malam. Dengan alasan, menghindari macet dan sengatan panas matahari. Bahkan ada pemudik yang memanfaatkan Pos Pelayanan Satlantas Polres Sijunjung sebagai tempat beristirahat,” ujarnya.

Kasatlantas juga kembali mengingatkan para pemudik agar selalu berhati-hati dalam berkendara, serta mengutamakan faktor keselamatan dibandingkan dengan kecepatan.

“Tetap berhati-hati di jalan, utamakan keselamatan daripada kecepatan dan ingat ada keluarga yang menanti di rumah dengan selamat,” ucapnya. (*)

Exit mobile version