Cuaca Ekstrem, BPBD Sijunjung Imbau Warga Waspada Bencana

Alat berat milik Dinas PUPR Kabupaten Sijunjung saat membersihkan material longsor dari jalan utama warga yang pagi di jorong Koto Mudiak Nagari Durian Gadang Kecamatan Sijunjung beberapa waktu lalu.

SIJUNJUNG,HARIANHALUAN.ID– Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sijunjung meminta dan mengimbau warga Kabupaten Sijunjung untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas tinggi yang bisa terjadi pada malam dan sore hari. Hujan dengan curah hujan lebat bisa terjadi diseluruh wilayah Kabupaten Sijunjung.

“Untuk saat ini, dimungkinkan masih adanya potensi curah hujan yang cukup tinggi diseluruh wilayah Kabupaten Sijunjung,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Sijunjung Hendri Chaniago, Minggu (21/4/2024).

Pihaknya menambahkan, sesuai dengan prakiraan yang dikeluarkan oleh BMKG Sumatera Barat, potensi hujan lebat masih akan terjadi di wilayah Sumbar termasuk Kabupaten Sijunjung hingga akhir bulan ini.

“Prakiraan dari BMKG Provinsi Sumbar, potensi curah hujan cukup tinggi masih akan terjadi di wilayah sumatera Barat, salah satunya Kabupaten Sijunjung,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Hendri Chaniago juga mengingatkan dan menghimbau agar warga selalu waspada terhadap potensi bencana alam yang bisa terjadi akibat hujan lebat yang disertai angin kencang seperti tanah longsor dan banjir serta pohon tumbang.

“Kami menghimbau dan mengingatkan agar warga Kabupaten Sijunjung di delapan Kecamatan agar selalu waspada terhadap bencana longsor dan banjir, khususnya di daerah lereng perbukitan dan bantaran sungai,” iimbaunya.

Dalam menghadapi situasi tersebut, pihak BPBD Sijunjung juga mengoptimalkan tim reaksi cepat selama 24 jam penuh, jika sewaktu-waktu bencana terjadi.

“Kami memang berharap agar bencana tidak terjadi, namun jika terjadi, kami siapkan TCR (Tim Reaksi Cepat) untuk turun ke lokasi selama 24 jam penuh, silahkan warga bisa menghubungi BPBD Sijunjung, jika terjadi bencana atau melalui call center 112,” katanya. (*)

Exit mobile version