Tingkatkan Pengelolaan Keuangan Daerah, Solok Selatan Sosialisasikan SIMDA-NG/FMIS

BPKD Solsel

Pelaksanaan sosialisasi dan bimtek SIMDa-NG/FMIS tengah berlangsung di Aula Sarantau Sasurambi, Solok Selatan, Jumat (17/2/2023). IST

HARIANHALUAN.ID – Tingkatkan pengelolaan keuangan daerah menjadi lebih efektif, efisien, ekonomis, transparan dan akuntabel, Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Solok Selatan (Solsel) sosialisasikan Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) Next Generation/Financial Management Information System (FMIS) Modul Anggaran dan Penatausahaan.

Adapun sosialisasi tersebut dilaksanakan di Aula Sarantau Sasurambi, Solok Selatan, Jumat (17/2/2023). Wakil Bupati Solok Selatan, Yulian Efi mengatakan, penggunaan digitalisasi dalam pengelolaan keuangan adalah sebuah keniscayaan. Terlebih sistem ini tidak hanya menjadi kewajiban sesuai dengan perkembangan zaman, namun juga dapat menjadikan pengelolaan keuangan daerah menjadi lebih efektif, efisien, ekonomis, transparan dan akuntabel.

“Dalam menjalankan pengelolaan keuangan daerah berbasis elektronik sangat dibutuhkan aplikasi yang mampu mempermudah pengelolaan keuangan, baik dalam pelaksanaan, penatausahaan dan pengawasannya. Namun tetap sesuai dengan regulasi dan mampu berintegrasi dengan aplikasi lain yang digunakan lembaga, seperti Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPB-JP), Kementerian Keuangan dan perbankan,” katanya.

Maka dari itu, lanjut Yulian Efi, kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis modul anggaran dan penatausahaan ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang nyata dan terukur melalui peningkatan kinerja pengelolaan keuangan daerah, khususnya dalam penganggaran dan penatausahaan sesuai amanat PP Nomor 12 Tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah dan Perpres Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Kemudian ini juga merupakan amanat dari Permendagri Nomor 70 Tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD).

“Kegiatan ini merupakan kegiatan strategis yang dilaksanakan untuk memberi pemahaman tentang pengoperasian aplikasi FMIS atau SIMDA-NG bagi pejabat penatausahaan keuangan dan bendahara pengeluaran. Jadi, diharapkan dapat diikuti dengan sebaik-baiknya,” ujar Wabup Solok Selatan tersebut.

Lebih lanjut Kepala BPKD Solok Selatan, Marfiandhika Arief juga mengatakan, dengan terlaksananya kegiatan ini, maka diharapkan akan meningkatkan pemahaman tentang pengoperasian aplikasi FMIS atau SIMDA-NG bagi pejabat penatausahaan keuangan dan bendahara pengeluaran.

Dalam penatausahaan keuangan, Pemkab Solok Selatan mengadopsi Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) dari BPKP. Dalam perkembangannnya, SIMDA berbasis desktop beralih menjadi aplikasi yang dapat diakses melalui browser atau yang disebut dengan SIMDA-NG. 

“Kemudian ini juga untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia pengelola keuangan masing-masing SKPD dan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah, sehingga lebih efektif, efisien, ekonomis, transparan dan akuntabel,” katanya. (*)

Exit mobile version