Solok Selatan Matangkan Persiapan MTQ Sumbar Ke-40

Pemprov Sumbar menyerahkan langsung SK Penetapan Panitia MTQ ke-40 kepada Pemkab Solok Selatan di Hotel Pesona Alam Sangir, Selasa (16/5) lalu. IST

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.ID – Pemkab Solok Selatan terus mematangkan kesiapannya sebagai tuan rumah penyelenggaraan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional Tingkat Provinsi Sumatra Barat ke-40 pada November mendatang.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kabupaten Solok Selatan Mahadolok Ritonga, menjelaskan bahwa salah satu penguatannya itu dengan telah diterimanya Surat Keputusan (SK) Penetapan Panitia MTQ Nasional Tingkat Provinsi ke-40 dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Barat.

“Selasa kemarin tepatnya setelah rapat perdana panitia, Pemprov Sumbar yang diwakili Kabiro Kesra menyerahkan langsung SK Penetapan Panitia MTQ kepada kita. Maka jelas secara resmi panitia yang tergabung di dalamnya telah ditugaskan untuk penyelenggaraan MTQ  yang insya allah akan dihelat bulan November nanti,” katanya kepada Haluan, Jumat (19/5).

Secara kesiapannya, Pemkab Solok Selatan telah melangsungkan beberapa tahapan kesiapan. Mulai dari seleksi peserta, sayembara desain logo MTQ, hingga tahapan Training Center Master of Ceremony (TC MC) yang tengah dilangsungkan.

Tidak hanya itu, penyelenggaraan MTQ Nasional Tingkat Provinsi Sumatra Barat ke-40 ini juga melibatkan berbagai instansi dan organisasi perangkat daerah (OPD), seperti Kementerian Agama (Kemenag) Solok Selatan, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Solok Selatan, Dinas Pendidikan Solok Selatan, dan beberapa OPD lainnya.

“Masih dalam perencanaan awal, penyelenggaraan MTQ ini akan dilakukan pada 19 titik lokasi. Karena pembagian ini untuk mengakomodir jalannya kegiatan agar tidak terfokus pada satu titik kegiatan dan menghemat waktu pelaksanaan,” ujar Kabag Kesra Sekretariat Daerah Solok Selatan tersebut.

Dari Pemkab Solok Selatan, atas kepercayaan Pemprov Sumbar untuk memberikan kesempatan Kabupaten Solok Selatan sebagai tuan rumah, pihaknya siap untuk menyelenggarakan pelaksanaan MTQ ini dengan sebaik-baiknya melalui sinergitas stakeholder yang terlibat.

Tujuannya sendiri, Pemkab Solok Selatan tidak hanya ingin sukses dan meriah terhadap penyelenggaraannya saja, namun momentumnya sebagai tuan rumah Kabupaten Solok Selatan siap menjadi yang terbaik dan menggaet prestasi di masing-masing kategori perlombaan nantinya.

Penyerahan SK dari Pemprov Sumatra Barat ditetapkan berdasarkan Keputusan Gubernur Sumatra Barat Nomor 451/344/2023 tentang Penetapan Kabupaten Solok Selatan sebagai Tuan Rumah MTQ Nasional Tingkat Provinsi Sumatra Barat ke-40 Tahun 2023. (jum)

Exit mobile version