Hari Kebangkitan Nasional, Jadi Momentum Solok Selatan untuk Bergerak Lebih Maju dan Sejahtera

Upacara Peringatan HKN ke-115 sedang berlangsung di halaman Kantor Bupati Solok Selatan, Senin (22/5). IST

SOLOK SELATAN, HALUAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok Selatan mengajak seluruh komponen masyarakat untuk memaknai Hari Kebangkitan Nasional yang ke-115 ini sebagai momentum untuk menuju daerah dan masyarakat yang mandiri, maju serta berkelanjutan.

Semangat itu digelorakan Bupati Solok Selatan, Khairunas dalam penyampaian pidato Menteri Komunikasi dan Informatika RI pada Upacara Peringatan HKN ke-115 di halaman Kantor Bupati Solok Selatan, Senin (22/5).

Ia mengatakan, semangat kebangkitan yang dilakukan 115 tahun lalu adalah untuk mendorong bangsa Indonesia dalam mengejar ketertinggalannya dari bangsa lain. Di masa kini, kebangkitan dimaknai sebagai peringatan perjuangan dan prestasi untuk terus mempertahankan dan meningkatkannya demi kesejahteraan masyarakat serta kemajuan bangsa Indonesia.

“Selain merayakan berbagai capaian bangsa Indonesia, Hari Kebangkitan Nasional juga kita maknai dengan mensyukuri segala langkah kemajuan, perbaikan, atau bahkan pelajaran yang didapatkan dari perjuangan kita, untuk membangun daerah,” katanya.

Kemudian dilanjutkan juga bahwa kementerian, pemerintah daerah, sektor swasta, akademisi, pers, komunitas, dan seluruh elemen bangsa harus saling bahu membahu berkolaborasi dalam menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan guna mewujudkan kebangkitan bangsa dari berbagai krisis global, baik itu dari kesehatan, perekonomian, hingga geopolitik sekalipun.

“Dari upaya tersebut telah membawa Indonesia untuk meningkatkan perbaikan ekonomi pascapandemi Covid-19 yang statusnya sudah dicabut WHO pada 5 Mei 2023 lalu. Beberapa waktu lalu Indonesia juga telah sukses menjadi penyelenggara forum ASEAN,” katanya.

Ini juga telah menunjukkan kepercayaan dunia kepada Indonesia untuk menjadi momentum dalam mengimplementasikan semangat kebangkitan nasional dan menyambut era pascapandemi COVID-19, sekaligus perjalanan menuju Indonesia Emas 2045.

Dengan semangat itu, Pemkab Solok Selatan mengajak seluruh komponen untuk terus mempertahankan bara api semangat kebangkitan nasional sembari merapatkan barisan perjuangan dengan menunjukkan kerja keras, kerja cerdas, juga kerja bersama demi kemandirian dan kemajuan bangsa yang berkelanjutan.

“Selamat memaknai dan memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-115 bagi kita semua. Berjuang, belajar, bertumbuh, dan terus melangkah maju dengan semangat untuk bangkit, dan juga bagi Kabupaten Solok Selatan agar lebih maju dan sejahtera,” ujar Bupati Solok Selatan tersebut. (jum)

Exit mobile version