Bawaslu Solsel Sosialisasikan Kampanye dan Penguatan Pengawasan

KIKI NOFRIJUM - SOLSEL

HARIANHALUAN.ID – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Solok Selatan sosialisasikan kampanye dan pengawasan pemilu kepada stakeholder dan partai politik (parpol) dalam menguatkan pengetahuan dan pemahaman untuk menjalankan pemilu yang tertib dan aman.

Sosialisasi yang disampaikan terkait syarat dan ketentuan dalam penyelenggaraan pemilu oleh peserta pemilu dan penguatan pengawasan oleh seluruh pihak dan masyarakat.

Koordinator Divisi Hukum Bawaslu Solsel, Haikal mengatakan, setelah penetapan daftar calon tetap dikeluarkan, maka penting untuk dilakukan sosialisasi demi menyamakan persepsi dalam penyelenggaraan pemilu nantinya.

“Untuk mewujudkan itu kita harus meningkatkan koordinasi dengan stakeholder yang ada. Dan ini dilakukan untuk menyamakan persepsi kita dalam menjaga pemilu di Solok Selatan agar berjalan dengan aman, tenang dan damai,” ujarnya saat sosialisasi di Wisma Ummi Kalsum, Solok Selatan, Senin (6/11).

Namun, lanjut Haikal, terkait penetapan DPT pihak Bawaslu menyebutkan masih banyak lagi kelengkapan yang masih bermasalah dan belum memenuhi syarat, mulai dari persentase keterwakilan perempuan hingga internal peserta Pemilu.

“Dan untuk penyelesaian, kami sudah memberikan surat imbauan parpol untuk penyelesaiannya. Kemudian kami juga melakukan koordinasi dengan KPU terhadap penyelenggaraannya,” ujarnya.

Lebih lanjut Kordiv Penyelesaian Sengketa dan Penanganan Pelanggaran Bawaslu Solsel, Nila Puspita juga menyampaikan memasuki masa kampanye yang akan berlangsung, perlu diingatkan dan diberikan kembali pemahaman tentang kampanye dan pengawasan pemilu kepada stakeholder dan masing-masing parpol.

“Karena ada perubahan juga dalam ketentuannya, makanya perlu kita menyosialisasikan kampanye dan pengawasan pemilu ini,” katanya.

Pihak Bawaslu Solsel juga mengingatkan pentingnya peran masyarakat dalam melakukan pengawasan, mengingat keterbatasan sumber daya manusia (SDM) Bawaslu yang mengawasi. Sehingga peran aktif masyarakat dalam mengawasi memang harus dioptimalkan, termasuk masing-masing parpol.

Optimalisasi ini juga demi mewujudkan pemilu dengan penyelenggaraan yang lebih baik dan aman bagi Solok Selatan melalui kerja sama seluruh pihak yang ada. (*)




Exit mobile version