Solsel Tingkatkan Pemahaman Sadar Hukum

Wabup Solsel, Yulian Efi menyampaikan sambutannya pada Sosialisasi Sadar Hukum bagi Kelompok Kadarkum di Aula Tansi Ampek, Selasa (14/11). IST

SOLSEL, HARIANHALUAN.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab)Solok Selatan (Solsel) melalui Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) menggelar Sosialisasi Sadar Hukum bagi Kelompok Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) yang diikuti langsung oleh Kelompok Kadarkum perwakilan kecamatan di Aula Tansi Ampek Kantor Bupati Solsel, Selasa, (14/11).

Wakil Bupati Solsel, Yulian Efi berharap pada kegiatan tersebut menjadi sarana peningkatan akan pemahaman dan kesadaran hukum bagi Kelompok Kadarkum di Solsel. “Kami berharap kegiatan ini akan menumbuhkan rasa sadar hukum bagi semua peserta. Peserta Kelompok Kadarkum dapat menularkan kepada masyarakat sekitar hendaknya,” katanya.

Yulian Efi melanjutkan, kegiatan sosialisasi sadar hukum ini menunjukkan komitmen Pemkab Solsel dalam menciptakan dan mendorong masyarakat untuk memiliki pemahaman hukum yang tinggi dan patuh terhadap aturan yang berlaku.

Kepala Bagian Hukum yang sekaligus panitia penyelenggara, Alkhairi Fajri turut menyampaikan pentingnya kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran hukum di kalangan masyarakat Solsel.

“Tujuan utama dari kegiatan ini adalah mewujudkan kesadaran dan ketaatan hukum individu, sehingga masyarakat memahami hak dan kewajibannya sebagai warga negara yang taat pada perundang-undangan yang berlaku. Sehingga akan mengurangi praktik pelanggaran hukum di tengah-tengah masyarakat nantinya,” katanya.

Adapun sosialisasi tersebut bertemakan “Pembinaan Kelompok Keluarga Sadar Hukum, Kita Wujudkan Masyarakat Sadar Hukum. Sosialisasi ini diharapkan selanjutnya dapat disosialisasikan kembali kepada masyaralat dan lingkungannya agar pemahaman sadar hukium itu dapat tumbuh di lingkungan masyarakat Solsel. (h/jum)

Exit mobile version