Momentum MTQN XL Sumbar, UAS Sampaikan Pesan Penting

Ket foto:
UAS menyampaikan tausiahnya pada Tabliq Akbar bersama UAS di Gor Rimbo Tangah, Solok Selatan, Minggu (17/12). IST

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.ID – Pada gelaran Tabliq Akbar bersama Ustaz Abdul Somad (UAS) di Solok Selatan, ustaz sejuta umat itu sampaikan pesan penting dalam tausiahnya.

Berkaitan dengan capaian MTQN XL Tingkat Provinsi Sumatra Barat (Sumbar), UAS pesankan Triple T untuk mewujudkan minat baca Quran.

T pertama Tahsin. Tahsin berasal dari kata hasana – yuhasinu – tahsinan yang berarti memperbaiki dan membaguskan.

“Tahsin, perbaiki bacaannya. Mulai dari tajwid, bacaan huruf dan dasarnya,” kata UAS pada tabliq akbarnya di GOR Rimbo Tangah, Sabtu (16/12) kemarin.

T yang kedua adalah Tahfiz. Tahfiz mengenai proses menghafal bacaan. Artinya harus ada peningkatan hafalan di setiap bacaannya.

Kemudan T yang ketiga Tadabbur. Tadabbur merupakan tingkatan lanjutan mengenai pemahaman membaca isi dan makna dari bacaan Al-Qur’an.

Triple T ini, kata UAS, dapat sebagai pencegahan buta huruf baca Al-Qur’an, di mana saat ini minat baca Quran di Indonesia masih terbilang rendah.

Menyikapi momentum MTQN XL Tingkat Provinsi Sumbar ini, penting setelah melakukan perbaikan dan peningkatan berdasarkan konsep Triple T ini.

Pentingnya membaca Al-Qur’an ini sebagai jaminan setiap insan ke akhirat. Sebab yang akan sampai ke akhirat itu hanyalah amalan bacaan Quran, bukan materi dan jabatan.

“Yang sudah belajat Tahsin tingkatkan ke Tahfiz. Kalau sudah Tahfiz lanjutkan ke Tadabbur-nya. Semoga minat baca Quran anak cucu kemenakan kita akan terus membaik dan meningkat,” kata UAS mengakhiri tausiahnya.

Tabliq Akbar bersama UAS dalam rangka memeriahkan MTQN XL Tingkat Provinsi Sumbar dan menyambut Hari Jadi Kabupaten Solok Selatan ke-20 yang akan jatuh pada tanggal 7 Januari nanti. Menjelang tausiahnya, UAS bersama rombongan menyempatkan kunjungannya ke objek wisata Kawasan Saribu Rumah Gadang. (h/mg-jum)

Exit mobile version