Pemkab Solsel Tampung Aspirasi Pembangunan di KPGD

Pemkab Solsel menyaksikan penandatanganan hasil Musrenbang KPGD di Kantor Camat KPGD, Solsel, Selasa (30/1). IST

SOLSEL, HARIANHALUAN.ID — Masyarakat Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD), Kabupaten Solok Selatan (Solsel) menyampaikan sejumlah rencana pembangunan yang diharapkan menjadi prioritas pembangunan tahun depan. Aspirasi itu disampaikan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang).

Adapun rencana pembangunan yang diharapkan masyarakat di antaranya pembangunan cekdam, jembatan, drainase, serta pembangunan dan peningkatan jalan. Masyarakat juga mengharapkan adanya normalisasi Sungai Batang Suliti dan pembangunan tugu Sungai Batang Lolo.

Bupati Solsel, Khairunas mengatakan, Kecamatan KPGD mampu memberikan wajah atau kesan positif bagi para pendatang yang memasuki Kabupaten Solsel, karena daerahnya berada di gerbang utama Solsel.

“Untuk menunjang hal tersebut, pemerintah akan terus mendorong peningkatan infrastruktur dan peningkatan kualitas jalan nasional yang merupakan jalan utama di KPGD ini, serta jalan penghubung utama ke pusat pemerintahan Solsel,” katanya dalam pembukaan Musrenbang di Kantor Camat KPGD, Selasa (30/1).

Untuk tahun 2025 mendatang, berdasarkan hasil musrenbang tersebut seluruh perangkat di Kecamatan KPGD sepakat untuk mengajukan sejumlah program pembangunan yang dibagi dalam tiga bidang, yakni bidang infrastruktur, bidang sumber daya alam, dan satu bidang lainnya.

Aspirasi lainnya, masyarakat juga mengharapkan agar dilakukannya pembangunan sumber daya manusia baik melalui peningkatan kapasitas UMKM hingga peningkatan ekonomi masyarakat melalui bantuan-bantuan bibit tanaman dan ikan.

Di sisi lain, Kecamatan KPGD juga menaruh perhatian pada pelestarian adat seperti adanya pelatihan pidato adat dan pelestarian kesenian oleh masyarakatnya. Peningkatan infrastruktur sejumlah sekolah juga diharapkan bisa dilakukan untuk tahun depan.

Musrenbang tingkat kecamatan ini dilakukan dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggaran 2025 di Kabupaten Solsel. Meski dalam keadaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Solsel terbatas, Pemkab Solsel akan berupaya untuk merealisasikannya melalui alternatif lain maupun pendanaan lainnya. (h/jum)

Exit mobile version