Pemkab Solsel Fokuskan Pembangunan Jalan Sungkai – Surai

Teks foto: Zigo Rolanda

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok Selatan terus komitmen dan fokus untuk melanjutkan pembangunan ruas jalan nasional Sungai Kunyit – Sungai Rumbai (Dharmasraya). Hal ini bertujuan untuk menguatkan pertumbuhan ekonomi baru di Solok Selatan.

Hal itu disampaikan Ketua Tim Safari Ramadan (TSR) III, Zigo Rolanda pada kunjungannya ke Masjid Baiturrahman Taratak Nagari Sungai Kunyit, Kecamatan Sangir Balai Janggo, Solok Selatan, Rabu (20/3) kemarin.

Ia mengatakan, Pemkab Solok Selatan sebelumnya telah melakukan koordinasi dengan Balai Jalan Nasional Sumatra Barat terkait pengalokasian anggaran pembangunan ruas jalan Sungai Kunyit – Sungai Rumbai tersebut.

“Beberapa waktu lalu kita telah berkoordinasi untuk melanjutkan jalan nasional tersebut. Anggarannya lebih kurang Rp56 miliar. Mudah-mudahan nantinya berdampak pada kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Sebagai daerah strategis, jelas Zigo Rolanda, berbagai pembangunan guna penguatan telah dilaksanakan di Sangir Balai Janggo. Di antaranya pembangunan ruas jalan Talao, tahap awal jalan nasional Sungkai – Surei, dan arus jalan lainnya.

“Alokasi anggaran di Kecamatan Sangir Balai Janggo ini merupakan anggaran terbesar dibanding kecamatan lainnya. Ini bukti komitmen kita untuk percepatan pembangunan daerah,” ujarnya.

Hal ini juga mengingat rencana pembangunan jalan tol Dharmasraya – Rengat di mana Sangir Balai Janggo bagi Solok Selatan akan menjadi wilayah dengan potensi pertumbuhan ekonomi baru.

Selain itu sebagai daerah perkebunan sawit, Pemkab Solok Selatan juha sudah mengupayakan pengelolaan Dana Bagi Hasil (DBH) sawit kepada perusahaan-perusahaan sawit di Solok Selatan yang sebagian besar berada di kawasan wilayah Sangir Balai Janggo tersebut. Dan ini tentunya akan berpengaruh besar terhadap pendapatan asli daerah nantinya. (*)

Exit mobile version