Kemenag Solsel Siap Berangkatkan 44 CJH 2024

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.ID – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Solok Selatan terus mengoptimalkan persiapan keberangkatan calon jamaah haji (CJH) Kabupaten Solok Selatan tahun 2024.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Solok Selatan, Afdal Dinilhaq menyampaikan jumlah CJH yang akan diberangkatkan dari Solok Selatan tahun ini sebanyak 44 orang.

“Jumlah Calon Jamaah ada 44 orang, dengan 8 orang diantaranya masuk pada kategori lansia atau berusia 65 tahun keatas,” ungkap Afdal, ditemui di ruang kerjanya, Jum’at (26/4/2024).

Kasi PHU Kemenag Solsel tersebut mengatakan terdapat peningkatan jumlah CJH Solok Selatan, dimana pada tahun sebelumnya Kab. Solok Selatan memberangkatkan 33 orang.

Adapun berbagai tahap persiapan telah dilakukan Kemenag Solok Selatan, mulai dari transportasi, akomodasi, adminitrasi hingga skrining kesehatan atau tes kebugaran dan hal lainnya terkait ibadah haji.

Afdal menyatakan, Keseluruhan jamaah dinyatakan dalam kondisi sehat, ditandai dengan telah dikeluarkannya surat istitha’ah kesehatan dari dinas kesehatan bekerjasama dengan RSUD Solok Selatan.

“Pada Rabu kemarin telah dilakukan test kebugaran dan skrining, Alhamdulillah semuanya telah dinyatakan siap, dengan telah dikeluarkannya surat istitha’ah kesehatan,” sambungnya.

Segalanya sudah dipersiapkan, termasuk persiapan kegiatan manasik haji mandiri yang sudah berlangsung, dan selanjutnya manasik haji di tingkat daerah (kabupaten) pada tanggal 27 April – 8 Mei 20204.

“Dalam Minggu ini dan minggu depan, akan ada manasik..,” paparnya.

Hingga kini beberapa tahapan lanjutan masih terus disiapkan, seperti koper jamaah yang belum didistribusikan provinsi dan pihak maskapai, sedangkan untuk transportasi pengantar jamaah ke asrama haji Padang akan difasilitasi oleh Pemkab Solok Selatan.

“Setelah rakor dengan Kesra, kita akan m menggunakan 2 bus untuk jamaah, dan 1 mobil Box khusus untuk mengangkut koper,”

Dipaparkan bahwa untuk keberangkatan kelompok terbang (kloter), CJH Solsel ditetapkan sebagai kloter 15 yang berangkat pada 28 Mei menuju asrama haji dengan jadwal penerbangan tanggal 29 Mei 2024.

Sementara untuk petugas haji daerah (PHD), Pemkab Solsel menugaskan Kadis Kesehatan, Pandewal untuk pelayanan kesehatan dan Penyuluh Agama Kecamatan Sangir, Ust. Zuratul Khairi bertugas untuk pelayanan umum.
(*)


Exit mobile version