Mayor Mar Ricky Sandro, Resmi Jabat Komandan Puslatpurmar TNI AL-9

Foto dari kiri ke kanan : Mayor Mar Ricky Sandro, Kolonel Marinir Dede Harsana, S.A.P., M.Han. dan Letkol Mar Qomaru Zaman.

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.ID – Mayor Mar Ricky Sandro, putra terbaik Nagari Koto Baru, Kab. Solok Selatan resmi menjabat sebagai Komandan Pusat Latihan Marinir (Puslatpurmar) TNI AL-9.

Mayor Mar Ricky Sandro, menerima tongkat Komando dari Letkol Mar Qomaru Zaman, di Mako Kolatmar jalan Embong Miring Grati Pasuruan Jawa Timur, pada Jumat (26/4).

Serah terima jabatan ini berdasarkan keputusan Kepala Staf Angkatan Laut Nomor 703/III/2024 Tanggal 27 Maret 2024, tentang pemberhentian dari dan pengangkatan jabatan dalam lingkungan TNI Angkatan Laut.

Bertindak selaku inspektur upacara Dankolatmar Kolonel Marinir Dede Harsana S.A.P., M.Han., dengan komandan upacara Kapten Mar Siswoyo, dan Perwira upacara Letda Mar Deny Widyaka K.

Dalam amanat inspektur upacara, disampaikan bahwa serah terima jabatan merupakan suatu tradisi yang melekat bagi setiap pejabat Korps Marinir, merupakan dinamika perjalanan organisasi guna mendorong semangat pembaharuan dan penyegaran suasana, serta pemikiran yang diorientasikan pada peningkatan kinerja organisasi.

“Selain itu serah terima jabatan juga merupakan bagian dari peremajaan dan kaderisasi kepemimpinan dengan harapan akan muncul ide-ide baru yang lebih segar, kreatif, inovatif dan responsif guna menjamin pelaksanaan tugas pokok yg lebih optimal,” Papar Dankolatmar Kolonel Marinir Dede Harsana S.A.P., M.Han.

Puslatpurmar TNI AL – 9, merupakan satuan pelaksana Kolatmar yang memiliki tugas menyelenggarakan latihan operasi ampibi, operasi khusus dan pengujian kesiapan satuan tempur prajurit Korps Marinir.

Seiring dengan perkembangan organisasi Korps Marinir dan kebijakan pemimpin TNI AL untuk mengembangkan tugas pokok Marinir, sehingga mempunyai kewajiban untuk meningkatkan kemampuan prajurit Korps Marinir.

Pada kesempatan itu, Dankolatmar Kolonel Marinir Dede Harsana menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Letkol Marinir Qomaru Zaman atas pengabdian serta semangat dan dedikasi yang tinggi selama memimpin Puslatpurmar 9, dan mampu melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik, sehingga memberikan kontribusi positif bagi Korps Marinir khususnya Kolatmar.

Selanjutnya kepada Komandan Puslatpurmar 9 yang baru, Mayor Marinir Ricky Sandro Ia mengucapkan selamat atas kepercayaan dan kehormatan yang diberikan oleh Korps Marinir/TNI Angkatan Laut,

“Saya yakin dan percaya dengan berbekal pengalaman, penugasan, pengetahuan dan kompetensi yang dimiliki saudara akan mampu dan berhasil dalam memimpin satuan. Dengan menjaga soliditas dan kekompakan dalam bekerja serta peningkatan kepekaan terhadap perkembangan situasi dilingkungan satuan,” pesannya.

Mayor Mar Ricky Sandro, M.Tr.Opsla NRP 18310/P, selaku pimpinan yang baru, usai upacara saat diwawancarai sejumlah awak media mengatakan, dirinya siap ditugaskan dimana saja, yang merupakan tanggung jawabnya sebagai penjaga keamanan di NKRI. (*)


Exit mobile version