BAZ Tanah Datar Salurkan Bantuan Zakat Muqayyad

BAZ Tanah Datar

HARIANHALUAN.ID – Badan Amil Zakat (BAZ) Tanah Datar menyalurkan bantuan zakat muqayyad program ekonomi kreatif sebesar Rp219 juta di Aula Kemenag Batusangkar, Kamis (26/1/2023).

Menurut Ketua BAZ Yasmansyah bahwa bantuan yang disalurkan berupa itik dan kambing kampung diberikan kepada empat kelompok masyarakat yang tersebar di empat kecamatan se-Tanah Datar, melalui survei yang dilakukan oleh BAZ dan dianggap mampu mengelola bantuan zakat tersebut.

“BAZ menyalurkan zakat kepada empat kelompok berupa itik dan kambing yang juga tersebar di empat kecamatan di Tanah Datar, di antaranya ternak itik di Tanjung Emas dan Tanjung Baru. Sedangkan untuk ternak kambing di Kecamatan Lintau Buo, sementara untuk UKM ada di Lima Kaum,” ujarnya.

Lebih lanjut menurut Yasmansyah yang juga kandidat doktor pada salah satu Universitas Islam Negeri di Sumbar, bahwa pihaknya sudah bekerja sama dengan ahli beternak itik yang diberikan secara cuma-cuma, dengan pembinaan yang baik dan maksimal.

“Untuk menunjang pembinaan dalam peternakan itik ini agar lebih baik dan maksimal, kita sengaja datangkan ahli dari Payakumbuh untuk melakukan pembinaan kepada peternak itik mulai dari pembangunan kandang hingga bertelur secara gratis,” katanya.

Yasmansyah juga berharap ke depan agar sinergi antara Baznas Tanah Datar dengan Kemenag semakin solid dalam mengumpulkan target zakat yang cukup besar, agar manfaat zakat itu betul-betul dirasakan oleh masyarakat Tanah Datar khususnya.

Sedangkan Syahrul selaku Kepala Kantor Kemenag Tanah Datar menyarankan agar Baznas menyusun dengan rapi bentuk kerja sama dengan Kemenag Tanah Datar, sehingga zakat itu menjadi tepat sasaran.

Turut hadir pada kesempatan itu Wakil Ketua BAZ Syafrizal Khatib Bungsu, Warnelis Khatib Mustafa, Kepala KUA dan puluhan penerima zakat yang berasal dari berbagai kecamatan. (*)

Exit mobile version