Pasar Pabukoan dan Swalayan di Batusangkar Aman dari Bahan Bahaya

Kadis Kesehatan Kabupaten Tanah Datar, dr Yesrita Zetrianis

Kadis Kesehatan Kabupaten Tanah Datar, dr Yesrita Zetrianis

HARIANHALUAN.ID – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tanah Datar, Yesrita Zetrianis mengatakan berbagai makanan dan minuman yang dijual di pasar pabukoan dan swalayan di Batusangkar dinyatakan tidak mengandung bahan berbahaya.

Hal itu, menurut Yesrita, telah dibuktikan secara bersama oleh pihak terkait, seperti Dinas Koperindag, Kejaksaan, kepolisian, Satpol PP dan juga bekerja sama dengan Balai POM Padang.

Dari beberapa titik yang dikunjungi di pasar pabukoan tersebut, hasilnya dinyatakan aman dan bebas dari bahan berbahaya seperti formalin dan boraks.

“Memang ada beberapa barang expired (kedaluwarsa) yang ditemukan beberapa swalayan atau minimarket, tapi kita sudah edukasi. Alhamdulillah, semuanya dalam kondisi baik,” kata Yesrita di Batusangkar, Selasa (28/3/2023).

Dia juga mengimbau kepada masyarakat Tanah Datar untuk cerdas dalam berbelanja barang kebutuhan dengan memperhatikan informasi tentang batas kedaluwarsa, atas suatu produk sebelum membeli.

“Saya imbau masyarakat Tanah Datar cerdas memilih makanan, sehingga tidak ada masyarakat kita yang tercemar dan aman saat melaksanakan hingga Lebaran nantinya,” kata dia.

Petugas dari Balai POM Padang, menurut Yesrita, telah meneliti sebanyak 15 sampel yang diambil dan dinyatakan semuanya tidak mengandung bahan berbahaya.

“Ada 15 sampel yang diambil, dari jenis ikan yang telah digoreng, takjil seperti cendol, buah tap dan pewarna, serta lainnya. Semuanya terbebas dari bahan berbahaya, seperti boraks dan formalin,” tuturnya. (*)

Exit mobile version