Usai Libur Lebaran, Kunjungan Wisatawan ke Tanah Datar Meningkat

Istano Basa Pagaruyung

Suasana pengunjung pada lokasi Istano Basa Pagaruyung setelah libur Lebaran Idulfitri 1444 Hijriah, Rabu (26/4/2023). Emrizal

HARIANHALUAN.ID – Kunjungan wisatawan setelah libur Lebaran Idulfitri 1444 Hijriah ke berbagai destinasi wisata di Kabupaten Tanah Datar meningkat.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Tanah Datar, Hendri Agung Indrianto mengatakan, kunjungan wisatawan terbanyak masih ke Istano Basa Pagaruyung. Menurutnya, setelah Istano Basa Pagaruyung, objek Wisata Lembah Anai, Nagari Tuo Pariangan, Puncak Pato, dan Tanjung Mutiara juga menjadi destinasi favorit berikutnya.

“Untuk Lembah Anai sampai kemarin tercatat 3.372 orang, Nagari Tuo Pariangan 3.431 orang, Puncak Pato 3.374 orang dan Tanjung Mutiara sebanyak 2.855 orang,” tuturnya, Rabu (26/4/2023).

Ia mengatakan, untuk data kunjungan wisatawan ke berbagai iven wisata yang dilaksanakan sesuai program unggulan satu nagari satu iven, masih belum terdata secara pasti.

“Ada dua iven wisata yang serentak mulai dilaksanakan, yakni Festival Selaju Sampan Alek Nagari Tigo Jangko dan Sepekan Alek Nagari Andaleh Baruah Bukik, Kecamatan Sungayang, dan selanjutnya  Pesona Sawah Tangah di Kecamatan Pariangan,” katanya.

Pada tanggal 29 dan 30 April 2023 ada ‘Rang Sungayang Mangiak Olek’ di Nagari Sungayang, Kecamatan Sungayang. Dan 30 April – 1 Mei 2023, juga direncanakan “Alek Pacu Kuda” di Lapangan Dang Tuanku Bukik Gombak.

“Untuk Pagaruyung Islamic Art Festival di Istano Basa Pagaruyung yang direncanakan tanggal 27- 30 April diundur pada 4 sampai 7 Mei 2023, dikarenakan ada kegiatan malewakan gala Wakil Menteri Tenaga Kerja di lokasi yang sama,” tutur Agung.

Untuk kesiapan dan kenyamanan berbagai destinasi wisata unggulan di Tanah Datar dalam menyambut wisatawan, Agung mengatakan, telah melakukan pertemuan dengan pengelola obyek wisata utama dan ekraf dalam rangka mengingatkan para pelaku, agar melakukan persiapan yang maksimal untuk mengantisipasi lonjakan wisatawan.

“Kita telah sampaikan hal-hal penting yang wajib menjadi perhatian, seperti keramahtamahan, kebersihan, kepastian harga yang wajar dan pelayanan terbaik di segala aspek. Kemudian untuk ekonomi kreatif, menampilkan produk-produk terbaik yang menarik dengan kualitas dan harga yang bersaing,” katanya.

Sebelumnya, Bupati Eka Putra saat melaksanakan sidak ke Istano Basa Pagaruyung mendapati berbagai fasilitas umum, seperti toilet, musala dan pelayanan umum lainnya sudah berjalan baik.

“Toilet, musala sudah cukup bersih dan nyaman. Saat kunjungan meningkat nantinya sampah harus menjadi perhatian utama juga dan harus dikelola dengan baik, sehingga kawasan ini tetap asri dan indah,” tuturnya.

Ia pun berpesan, agar pelaku kepariwisataan untuk memberikan pelayanan terbaik seperti keramahtamahan, kebersihan, kepastian harga yang wajar dan pelayanan terbaik di aspek lainnya. (*)

Exit mobile version