Bantu Korban Erupsi Gunung Marapi, Puluhan Relawan dari Tanah Datar Diterjunkan

Bupati Eka Putra

Bupati Tanah Datar, Eka Putra didampingi Kalaksa BPBD Yusnen meninjau kondisi Gunung Marapi di Nagari Koto Baru, Kecamatan X Koto, Senin (4/12/2023). IST

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.ID – Bupati Tanah Datar, Eka Putra bersama OPD terkait terus meninjau kondisi di seputaran Gunung Marapi yang mengalami erupsi sejak Minggu (3/12/2023) sore.

Pada Senin (4/12/2023) siang, Eka Putra didampingi Kalaksa BPBD Tanah Datar, Yusnen dan Camat X Koto, serta beberapa wali nagari meninjau di Nagari Koto Baru, Kecamatan X Koto.

Eka Putra mengatakan, pihaknya telah menerjunkan tim dari BPBD Tanah Datar dan Satgas PB Nagari untuk membantu evakuasi para pendaki yang terjebak ketika Gunung Marapi erupsi.

“Ada 46 orang personel dari Tanah Datar. Yaitu, 15 orang dari BPBD Tanah Datar, 15 orang dari Nagari Koto Baru, 11 orang dari Pandai Sikek, dan lima orang dari Nagari Aia Angek,” kata Eka Putra.

Eka Putra memaparkan, dari laporan yang diterimanya, pendaki yang naik dari posko yang berada di Tanah Datar, yaitu Nagari Koto Baru berjumlah 27 orang dan semuanya sudah turun dalam keadaan selamat.

“Jadi, tim evakuasi yang kita turunkan hadir untuk membantu para pendaki yang naik dari Agam, dan terjebak,” katanya.

Di sisi lain, Eka Putra menjelaskan, berdasarkan pengamatannya selama berada di Nagari Koto Baru, dia melihat langsung Gunung Marapi erupsi setiap setengah jam. “Kira-kira, setiap setengah jam, Marapi erupsi,” tutur Eka. (*)

Exit mobile version