Antisipasi Kemacetan Selama Lebaran, Satlantas Polres Tanah Datar Imbau Warga Kurangi Aktivitas Di Jalanan

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.ID- Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor (Satlantas) Polres Tanah Datar memberikan himbauan kepada pengguna jalan agar mengurangi aktivitas yang kurang produktif dijalan selama libur lebaran.

Hal itu terungkap saat Haluan berbincang dengan Kepala Satuan Lalu Lintas ( Kasat Lantas) Polres Tanah Datar IPTU Jamaluddin pada Rabu (3/4/2024).

Dikatakan Jamaluddin bahwa pada momen lebaran tahun ini pihaknya terus memberikan himbauan kepada masyarakat agar mengurangi aktifitas yang tidak produktif diluar rungan yang dapat menimbulkan penumpukan kendraan hingga kemacetan.

“Tentu kita terus menghimbau kepada masyarakat bagi yang tidak ada kepentingan yang mendesak, agar mengurangi aktifitas dijalanan yang dapat menyebabkan kemacetan dijalanan,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan Jamal bahwa saat ini wilayah Tanah Datar atau kota Batusangkar akan mendapatkan imbas dari penerapan sistem One Way pada jalur lintas Padang Bukittinggi.

“Lalu lintas di Tanah Datar pada saat ini akan memdapatkan imbas dari penerapan sistem One Way yang diterapkan pada jalur Padang Bukittinggi, diperkirakan akan terjadi perlambatan dan penumpukan kendaraan pada titik tertentu seperti simpang kubu karambia, ataupun pasar Batusangkar, “katanya.

Jamaluddin yang baru menjabat Kasat Lantas di Tanah Datar juga menyampaikan bahwa untuk menguarai dan menghindari kemacetan pihaknya bekerja sama dengan dinas perhubungan telah menyiapkan beberapa jalur alternatif.

“Seandainya terjadi penumpukan kendaraan atau pelambatan di wilayah Batusangkar, Kami dari Satlantas bersama Dinas Perhubungan telah menyiapkan jalur alternativ seperti dari arah Solok menuju Payakumbuh atau Bukittinggi bisa melewati simpang Surau Kariang Lima Kaum terus ke Gurun dan keluar di Pasar Sungai Tarab, begitu juga sebaliknya, “katanya.

Ia menghimbau supaya masyarakat agar mengutamakan keselamatan dalam berkendara, dengan meningkatkan kehati hatian dan tidak terburu buru agar bisa berlebaran dengan gembira bersama keluarga dirumah. (*)

Exit mobile version