Bidang PSDA Dinas PU Tanah Datar Pastikan Tali Banda yang Rusak Akibat Lahar Dingin Terdata dengan Baik

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.ID – Bidang Pelayanan Sumber Daya Air (PSDA) pada Dinas PUPR dan Pertanahan Tanah Datar memastikan data tali banda yang rusak akibat hantaman banjir lahar dingin yang terjadi beberapa waktu lalu.

Hal itu terlihat saat Kepala Bidang PSDA Jon Kenedi bersama Haluan mengunjungi area pertanian warga yang terdampak lahar dingin di Jorong Ampaleh Nagari Tanjung Alam Kecamatan Tanjung Baru, Senin (15/4) .

Jon Kenedi mengatakan kepada Haluan bahwa saat ini ada sebanyak delapan tali banda utama yang mengalami kerusakan akibat luapan lahar dingin kemarin.

“Tadi data yang disampaikann pak wali ada delapan tali banda yang mengalami kerusakan, baik itu kategori rusak sedang dan parah hingga hancur, ” katanya.

Masih dikatakan Jon, sebelum pihaknya melakukan perbaikan tali banda tersebut, saat ini masyarakat sudah melaksankan gotong royong secara swadaya baik itu membersihkan tali banda ataupun bendungan.

“Saat ini sedang dilaksakan goro oleh masyarakat, ini langkah awal agar bendungan bersih sehingga sawah warga bisa dialiri air dengan cepat, ” katanya. (*)

Exit mobile version