Namun memasuki era 2000-an, pasca reformasi, dunia pers mengalami perubahan besar. Media tumbuh bak cendawan di musim hujan, dan bisnis koran menghadapi kompetisi yang semakin ketat.
Hingga akhirnya, pada 1 November 2010, Haluan dikelola dengan manajemen baru di bawah naungan Basko Group milik H. Basrizal Koto. Sejak itu, Haluan hadir dengan wajah baru full-colour, memperkuat jaringan melalui Haluan Riau (Pekanbaru) dan Haluan Kepri (Batam), serta melengkapi diri dengan platform digital HarianHaluan.id. Moto yang diusung pun jelas: “Mencerdaskan Kehidupan Masyarakat.”
Mursalim berharap, dengan usia yang semakin matang, Harian Haluan tetap menjaga independensi, profesionalisme, serta semakin adaptif menghadapi tantangan era digital.
“Kami berharap Haluan terus menjadi sumber berita yang terpercaya, mencerahkan, dan memperkuat semangat persatuan serta pembangunan daerah maupun bangsa. Dirgahayu Harian Haluan ke-77, teruslah mengabarkan kebenaran dan menginspirasi kemajuan,” tutupnya. (*).