Bahaya Mengintai! 12 Lampu Lalu Lintas di Payakumbuh Rusak

Lampu lalu lintas

Salah satu lampu lalu lintas di Kota Payakumbuh. Taufik Hidayat

HARIANHALUAN.ID – Hampir semua lampu lintas di Kota Payakumbuh, Sumatra Barat (Sumbar), dalam kondisi rusak. Dari total 15 lampu lalu lintas, 12 di antaranya dalam kondisi rusak berat dan sedang.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Payakumbuh, Nofriwandi merinci, sebanyak 10 lampu lalu lintas dalam kondisi rusak sedang, dua di antaranya rusak berat dan hanya tiga yang dalam kondisi baik.

“Usia lampu lalu lintas di kita ini memang sudah tua, bahkan ada yang di bawah 2006. Karena itu, cukup banyak yang dalam kondisi rusak,” katanya.

Ia mengatakan, pihaknya terus mengajukan pengusulan untuk perbaikan lampu lalu lintas, tapi memang keterbatasan anggaran membuat pihaknya cukup sulit untuk melakukan peremajaan.

“Rencana kita memang mengangsur setiap tahun. Seperti tahun depan, bisa dua lampu lintas dan untuk tahun-tahun selanjutnya kita akan upayakan juga,” ujar Nofriwandi.

Diakuinya, pandemi Covid-19 yang dalam beberapa tahun terakhir melanda tanah air membuat pihaknya kesulitan dalam mengajukan anggaran, untuk peremajaan lampu lalu lintas di Kota Payakumbuh. “Memang anggaran kita sulit karena pandemi Covid-19 beberapa tahun terakhir cukup menguras anggaran,” katanya. (*) 

Exit mobile version