Ada Apa Ya! Anggota DPR RI Andre Rosiade Dipanggil Polda Sumbar Pada 6 Juli 2022

Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar, Andre Rosiade

Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar, Andre Rosiade

HARIANHALUAN.ID — Anggota DPR RI, Andre Rosiade akan diperiksa Penyidik Polda Sumbar atas dugaan tindak pidana penipuan dan penggelapan senilai Rp850 juta dalam posisinya sebagai Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Gerindra Sumatra Barat (Sumbar).

Hal itu tertuang dalam sebuah surat pemanggilan yang ditujukan kepada Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar  bernomor:  B/1234/VI/2022/Ditreskrimum yang ditandatangani langsung Kombes Pol Sugeng Hariyadi, selaku Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Sumbar.

Dalam surat itu dibunyikan bahwa Ketua DPD Partai Gerindra diminta untuk memberikan keterangan terkait dengan kasus dugaan penipuan dan penggelapan dana ‘Mahar Politik’ senilai Rp850 juta, yang tengah dihadapi oleh Jon Firman Pandu yang kini menjabat Wakil Bupati Solok.

Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Satake Bayu Setianto membenarkan informasi pemanggilan terhadap Anggota DPR RI tersebut. Menurutnya, pemeriksaan pertama terhadap Anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra itu akan dilaksanakan pada Jumat tanggal 6 Juli 2022.

“Benar, yang bersangkutan diundang untuk memberikan klarifikasi sekaitan dengan laporan Iriadi Datuak Tumanggung dengan Jon Firman Pandu sebagai terlapor,” ujarnya, Jumat (1/7/2022).

Dikonfirmasi terpisah, Andre Rosiade mengaku belum mengetahui informasi pemanggilan Polda Sumbar terhadap dirinya itu. Sebab, menurut Andre, dirinya hendak berangkat menuju tanah suci Mekkah.

“Saya tidak tahu, saya mau pergi  haji,” katanya singkat saat dikonfirmasi perihal surat panggilan dari Polda Sumbar tersebut.

Diberitakan sebelumnya, Iriadi Datuak Tumanggung melaporkan Wakil Bupati Solok Jon Firman Pandu atas dugaan penipuan dan penggelapan dana ‘Mahar Politik’ senilai Rp850 juta kepada Polda Sumbar pada tanggal 5 Mei 2022.

Menurut Iriadi, uang itu diserahkannya kepada Jon Firman Pandu selaku Ketua DPC Gerindra Kabupaten Solok secara bertahap dengan tujuan, agar dirinya diusung oleh Partai Gerindra sebagai calon bupati pada saat Pilkada Kabupaten Solok pada tahun 2020.

Uang senilai yang telah disepakati iti, diantarkannya langsung ke rumah Jon Firman Pandu di Kompleks Perumahan Batu Gadang di Kota Solok, melalui seorang sopir bernama Alam dan Datuak Labuah serta disaksikan oleh saudaranya Tili. Uang yang dibawa kedua orang suruhan Iriadi itu, diterima langsung oleh mertua laki-laki dan dan istri Jon Firman Pandu. Sebab, Jon Firman sedang berada di Jakarta.

Selain melaporkan Jon Firman Pandu ke  pihak kepolisian atas tindak pidana penipuan dan penggelapan, Iriadi juga membawa kasus ini hingga ke Majelis Kehormatan DPP Gerindra di Jakarta.

“Saya melaporkannya langsung ke anak buahnya Pak Prabowo. Saya laporkan ke Majelis Kehormatan DPP Gerindra di Jalan Harsono RM Nomor 54 Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan,” ujar Iriadi pada Selasa (14/6/2022).

Ketika itu Iriadi juga menyatakan, dirinya tidak main-main. Namun juga membawa sejumlah bukti kuat terkait dengan mahat politik yang telah terlanjur ia serahkan itu. “Saya tidak main-main. Saya bawa bukti ada 40 lembar bukti percakapan dan video di flashdisk. Dan saya ingin dia dipecat dari Ketua DPC Gerindra Kabupaten Solok,” kata Iriadi. (*)

Exit mobile version