Siapkan Stok Politisi Muda Berintegritas, 28 Pemuda Se Sumbar Dapatkan Materi Anti Korupsi dan Pendidikan Demokrasi

Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, Kadispora Sumbar, Dedy Diantolani dan jajaran, berfoto bersama 28 peserta kegiatan Peningkatan Sumber Daya Kepemudaan di Grand Rocky Hotel 14-18 Februari lalu. FAUZI

PADANG, HALUAN—Sebanyak 28 orang pemuda perwakilan Kabupaten dan Kota se Sumatra Barat, mengikuti kegiatan Peningkatan Sumber Daya Kepemudaan yang diadakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatra Barat.

Dalam acara yang berlangsung selama empat hari di Hotel Rocky Bukittinggi dari tanggal 14 sampai 18 Februari itu, para peserta yang berasal dari berbagai Organisasi Kepemudaan, mendapatkan materi anti Korupsi, Politik, Kepemiluan, organisasi dan wawasan kebangsaan dari sejumlah pejabat dan pakar.

Salah seorang peserta kegiatan yang juga merupakan Sekretaris DPD KNPI Kota Bukittinggi, Dendri Habibti mengaku senang dan antusias mengikuti kegiatan ini, menurutnya kegiatan itu sangat bermanfaat, membuka wawasan serta memberikan perspektif baru bagi dirinya dan peserta lainnya.

“Kami diberikan 10 materi, diantaranya adalah materi dasar-dasar integritas, rencana aksi politik, korupsi politik, wawasan kebangsaan, reinventing politik, integritas dan etika politik, peranan pemuda dalam politik, komunikasi dan public speaking, lobi, negosiasi, serta sistem pemilu dan partai politik, ” ujarnya kepada Haluan pada Minggu (20/2).

Tokoh pemuda dan pengusaha asal Garegeh, Kota Bukittinggi itu juga menyebut, selain mendapatkan materi dan ilmu baru, dirinya dan peserta yang lain, juga mendapatkan pengalaman serta relasi baru saat mengikuti kegiatan itu, apalagi menurutnya, format acara disusun sedemikian rupa sehingga memberikan kesempatan bagi para peserta untuk saling mengenal satu sama lain.

“Alhamdulillah, materi yang kami dapatkan selama mengikuti kegiatan itu, sangatlah bermanfaat dan merupakan materi yang berguna bagi dunia organisasi kepemudaan, apalagi format acaranya sangat cair, sehingga para peserta enjoy dan menikmati paparan yang diberikan pemateri,” ucapnya.

Sementara itu, dalam sambutannya dalam acara tersebut, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatra Barat, Dedy Diantolani mengatakan, salah satu tujuan diadakannya acara itu adalah untuk memberikan pendidikan demokrasi dan politik kepada tokoh organisasi kepemudaan se Sumatra Barat.

“Sebagai generasi muda, pemuda memiliki peran penting dalam kontrol sosial dan proses pembangunan, begitu pun dengan mengawal roda pemerintahan, untuk itu pendidikan politik dan integritas merupakan materi penting yang harus diberikan kepada pemuda sebagai calon pemimpin Sumatra Barat di waktu mendatang, ” ucapnya.

Dedy juga mengatakan, kemunculan tokoh-tokoh kepala daerah muda di berbagai daerah di Sumbar belakangan ini, merupakan peluang yang harus dimaksimalkan oleh para pemuda dan aktivis yang berkecimpung dalam berbagai organisasi kepemudaan.

“Kesempatan yang besar untuk terjun ke dunia politik sangat terbuka lebar untuk pemuda, apalagi saat ini di beberapa daerah, mulai bermunculan Kepala daerah dan anggota Legislatif Muda, ini merupakan peluang dan membuktikan bahwa pemuda masih dipertimbangkan dalam kancah perpolitikan daerah,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Dedy menilai, kesempatan dan peluang besar yang dimiliki oleh pemuda itu, harus diiringi dengan integritas dan sikap anti korupsi guna memastikan ketersediaan pemimpin masa depan Sumatra Barat yang kompeten dan berintegritas dimasa mendatang.

“Pemuda merupakan Iron Stock atau generasi penerus yang harus memiliki integritas dan semangat anti korupsi, setelah diberikan materi yang dibagikan dalam acara itu, kami harapkan tokoh pemuda yang hadir, sebagai calon politisi masa depan, mereka dapat memiliki ilmu, keterampilan serta integritas,” ungkapnya

Lebih lanjut, Dedy juga menyebut , kegiatan serupa akan terus digelar pihaknya secara rutin sebagai komitmen Dispora Sumbar untuk meningkatkan kualitas dan integritas tokoh pemuda dan organisasi Kepemudaan se Sumatra Barat.

“Merupakan tanggung jawab bagi Dispora untuk memastikan tokoh pemuda dan organisasi kepemudaan mendapatkan peningkatan kualitas dan integritas, kedepannya, acara serupa akan terus digelar setiap tahunnya untuk memastikan Sumbar tidak kekurangan calon politisi muda yang berkualitas dan Berintegritas di masa depan ” ucapnya. (h/mg-fzi)

Exit mobile version