Solsel Akan Kerja Sama dengan UI

SOLOK SELATAN, HALUAN – Demi mencapai kemajuan pendidikan Solok Selatan ke depan, Pemerintah Kabupaten Solok Selatan merencanakan untuk bisa bekerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) terkait pengadaan beasiswa pemerintah daerah untuk masyarakat Solok Selatan, Selasa (22/2).
Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Solok Selatan, Syamsuria, menjelaskan hal tersebut sebagai bentuk prioritas Pemkab Solok Selatan terhadap kemajuan pendidikan di Solok Selatan.
“Alhamdulillah dari tahun ke tahun anak-anak kita mengalami peningkatan terhadap kelanjutan pendidikan Solok Selatan di perguruan tinggi. Inilah yang harus kita dukung agar pendidikan di Solok Selatan menjadi lebih baik ke depannya melalui pengadaan beasiswa pemerintah daerah ini,” katanya kepada Haluan, Selasa (22/2).
Dalam tahapannya, jelas Syamsuria, pihak Pemkab Solok Selatan sendiri sebelumnya telah mengajukan permohonan kepada pihak UI terkait pengadaan beasiswa tersebut. Sesuai rencana pada bulan depan akan dilakukan kunjungan ke Jakarta untuk proses tindak lanjut dari upaya kerja sama tersebut.
“Kita telah melakukan penjajakan sebelumnya dengan pihak UI. Meski nantinya hanya diberikan kuota terbatas sekitar 2 atau 3 orang, pasti itu akan tetap kita kejar. Karena hal ini sangat penting sekali bagi kita untuk meningkatkan kualitas pendidikan Solok Selatan sendiri,” katanya.
Syamsuria juga menjelaskan, bahwa penerimaan beasiswa tersebut juga memiliki beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh mahasiswa yang mengajukan, yaitu merupakan mahasiswa yang berprestasi dengan keadaan ekonomi yang kurang mampu. Indikator itu menjadi salah satu syarat penting dalam penyeleksian terhadap penerimaan beasiswa pemerintah daerah tersebut.
Sebelumnya, sambung Syamsuria, untuk beasiswa pemerintah daerah di tahun 2021 lalu, Pemkab Solok Selatan telah menjalin kerja sama dengan Universitas Andalas dengan beberapa program studi tertentu, seperti kedokteran, peternakan, pertanian, hukum, farmasi, dan yang lainnya.
“Dari 21 kuota yang disediakan, ada sebanyak 14 mahasiswa Solok Selatan yang mendapatkan beasiswa tersebut. Dan di tahun 2021 itu kita telah menyalurkan beasiswa itu sebesar 520 juta dari kerja sama kita dengan pihak Unand. Dan kerja sama kita dengan pihak Unand ini masih berlanjut untuk 2 tahun lagi, karena di dalam kontraknya sendiri berlaku selama 3 tahun,” ujarnya.
Adanya perencanaan untuk menjalin kerja sama dengan pihak UI tersebut, dinilai sangat penting sebagai salah satu usaha meningkatkan pendidikian di Solok Selatan, ditambah Univeritas Indonesia menjadi perguruan tinggi favorit di kalangan calon mahasiswa di Indonesia, termasuk di Solok Selatan sendiri.
“Makanya kita melakukan peningkatan kerja sama dengan perguruan tinggi lainnya seperti UI ini. Hal ini kita lakukan untuk mewujudkan kualitas dan mutu pendidikan Solok Selatan yang lebih maju ke depannya. Dan kita harapkan juga apa yang didapatkan anak-anak kita tersebut akan bermanfaat bagi dirinya dan juga Solok Selatan sendiri yang telah berkomitmen untuk memajukan pendidikan,” katanya. (h/mg-jum)

Exit mobile version