Surat Panggilan dari Polda Sumbar Tidak Digubris Terlapor

AKTIVITAS PEMBUATAN LOGPOND DI POLIMO MASIH BERLANGSUNG

Mapolda Sumbar

PADANG, HALUAN – Polda Sumbar melayangkan surat panggilan terhadap terlapor dalam kasus dugaan pengrusakan ekosistem terumbu karang oleh Koperasi Minyak Atsiri Mentawai di Pantai Polimo, Desa Silabu, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat (Sumbar).

Hal tersebut dikatakan Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Sumbar, Kombes Pol Adip Rojikan melalui Penyidik Ditreskrimsus Polda Sumbar, Brigadir Berry Pratama, kepada Haluan, Rabu (9/3/2022).

Ia mengatakan, pihaknya melayangkan surat pemanggilan sebanyak satu kali kepada terlapor untuk melakukan klarifikasi. Akan tetapi, hingga saat ini surat panggilan itu belum dipenuhi oleh terlapor.

“Sudah dilakukan satu kali pemanggilan terhadap pihak terlapor. Namun mungkin, karena jarak geografis yang menyulitkan, yang bersangkutan belum memenuhi panggilan klarifikasi yang telah kami layangkan sejak seminggu yang lalu,” ucapnya.

Sehingga, ucap Berry, saat ini pihaknya masih belum bisa melakukan penghentian aktivitas pembuatan logpond atau tempat penimbunan kayu yang ditenggarai masih terus berlangsung dan dilaporkan merusak ekosistem terumbu karang di Pantai Polimo tersebut.

“Untuk sementara ini, penghentian kegiatan dan aktivitas di Pantai Polimo belum dapat kami lakukan, karena pihak-pihak yang telah kami panggil untuk dilakukan klarifikasi belum memenuhi panggilan kami,” ucapnya.

Lebih lanjut, Berry juga menuturkan, jika dalam waktu dekat pihak Koperasi Minyak Atsiri Mentawai tidak segera memenuhi panggilan yang telah dilayangkan pihaknya, jajaran Ditreskrimsus Polda Sumbar akan mengambil tindakan tegas, dengan cara mendatangi langsung koperasi itu ke Mentawai.

“Ini sudah memasuki waktu seminggu dari surat pemanggilan pertama kami yang layangkan. Kemungkinan, dalam waktu dekat, jika panggilan kami tak kunjung diindahkan, kami akan datang langsung ke sana untuk tindaklanjutnya,” ucap Berry. (h/mg-fzi)

Exit mobile version