Dari Kesenian Gamelan Jawa Hingga Hoyak Tabuik Piaman Meriahkan Pawai Budaya Nusantara di Pantai Padang

HARIANHALUAN.id – Ribuan warga kota tumpah ruah di Pantai Padang menyaksikan Pawai Budaya Nusantara, Selasa (09/08/22) malam.

Pawai yang menampilkan atraksi kesenian 98 kota se-Indonesia itu merupakan rangkaian puncak Rakernas Apeksi XV 7-10 Agustus 2022 di Kota Padang.

Sebelum pawai budaya, paginya Pantai Padang juga dihebohkan dengan semaraknya lomba memasak Rendang yang diikuti para istri walikota se-Indonesia.

Acara semakin heboh dimana para walikota juga tidak mau ketinggalan ikut lomba. Mereka juga ikut lomba mengocok Teh Talua antar Walikota se-Indonesia.

Warga kota Padang merasa sangat terhibur dengan agenda Rakernas Apeksi XV 2022 tahun ini. Bahkan pasca covid-19, Rakernas Apeksi yang merupakan iven nasional di Padang.

“Rindu sekali rasanya menyaksikan acara seperti ini. Memang biasanya setiap HUT kota dan 17 Agustus juga ada pawai, tapi tidak se-meriah ini,” kata Reni, warga kota yang hadir langsung membawa keluarganta ke Pantai Padang.

Dia mengakui, Pawai Budaya Nusantara tadi malam membuat penonton serasa berkeliling kota di Indonesia.

“Ketika tampilan budaya daerah di Jawa lewat, kami merasa berada di Jawa dengan bunyi musik gamelan yang khas. Begitu atraksi Tabuik Piaman yang lewat, kami juga merasa sedang menonton Hoyak Tabuik di Pariaman. Sungguh indah sekali malam ini,” kata Reni sambil berujar entah kapan terulang lagi.

Sementara itu, Walikota Padang Hendri Septa menuturkan, Rakernas Apeksi tidak hanya kegiatan para walikota dan pemerintah kota, namun juga iven nasional untuk Kota Padang.

“Salahsatunya pawai budaya ini. Luar biasa sekali sambutan warga kota. Banyak dampak positif dari Rakernas ini, khususnya perputaran ekonomi. Puluhan miliar rupiah berputar dengan Rakerbas ini. Terima kasih warga kota, terima kasih semuah pihak,” ujar Walikota Padang Hendri Septa yang juga menerima Rekor Muri setelah sukses menggelar Lomba Mengocok Teh Talua antar Walikota se-Indonesia. (*)

Exit mobile version